Tips Knowledge

Kembangan Ban Punya Karakter dan Fungsi Khusus

Ekawan Raharja    •    Rabu, 05 Apr 2017 11:00 WIB
tips knowledge
Kembangan Ban Punya Karakter dan Fungsi Khusus
Kembangan di ban punya fungsi utama untuk membuang air saat melintasi jalanan yang basah. Goodyear

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap ban memiliki pola groove atau kembangan yang berbeda-beda. Namun tahukah Anda fungsi dari kembangan tersebut?

Kembangan di ban mobil atau motor bukan hanya sebagai pemanis saja. Bentuknya seperti pahatan yang punya alur memiliki fungsi utama membuang air saat ban melintasi jalanan yang basah.

Fungsi utama ketika basah sebagai saluran pembuangan air. Sedangkan ketika kering, kembangan ini membantu daya cengkram ban melintasi jalanan bergelombang," ujar Brand Manager Corsa, Salomon Manalu, Selasa (4/4/2017) di Wisma Achilles Jakarta.

Sudah pasti penciptaan kembangan di ban tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jumlah kembangan, ukuran kembangan, hingga bentuk kembangan harus diperhatikan dengan seksama agar dapat membuang air dengan baik.

"10 sampai 30 persen tapak ban adalah kembangan ban, standar ban harian yang kami sudah hitung," tambah Salomon.

Tentu saja perhitungan ini berbeda-beda, disesuaikan juga dengan ukuran ban yang akan digunakan. Tidak lantas juga semakin pendek kembangan semakin baik membuang air, dan begitu juga sebaliknya.

Namun untuk ajang balap, kembangan ban dibuat seminim mungkin, terutama untuk balapan lintasan aspal. Mengingat prinsip ajang balap adalah mencari titik paling luas penampang ban yang menempel ke permukaan lintasan. Efeknya bisa memberikan performa dan grip yang lebih baik bagi kendaran.

Sementara untuk lintasan tanah, biasanya kembangannya dibuat lebih besar. Fungsinya agar kembangan ban tersebut bisa mencakar tanah atau lintasan berbatu. Biasanya telapak dasar ban jenis ini dibuat lebih tebal. Sehingga memudahkan kendaraan yang memakainya, untuk melalui lintasan licin, berlumpur, berpasir atau berbatu.

Jadi jangan sampai salah dalam memilih kembangan ban untuk mobil Anda.


(UDA)