Tips Knowledge

Modifikasi dan Kustom, Serupa Tapi Tak Sama

Ekawan Raharja    •    Senin, 08 Oct 2018 14:21 WIB
tips knowledge
Modifikasi dan Kustom, Serupa Tapi Tak Sama
Kawasaki 'Saraswati' W175 ini hasil kolaborasi Katros Garage, Hacka Pinstriping, dan juga Cetul Leatherart. SM

Jakarta: Saat ini kontes motor modifikasi dan motor kustom semakin banyak di tanah air. Meski keduanya mirip, kenyataannya ada perbedaan yang cukup signifikan untuk kedua kontes sepeda motor tersebut.

Builder senior Indonesia, Indra Pranajaya, menjelaskan keduanya merupakan segmen yang berbeda. Motor modifikasi lebih banyak menggunakan komponen-komponen yang dijual pasar aftermarket, sedangkan motor custom lebih banyak menggunakan komponen yang dibuat sendiri.

"Kalau modifikasi misalnya, kita mau ganti spion, pelek saja dan lain-lain. Kalau custom itu orang yang punya gairah mengganti total dan rata-rata sudah meninggalkan komponen yang dibeli. Custom itu desain sendiri, frame bikin sendiri, dan aksesori berusaha diciptakan sendiri," ujar pria pemilik bengkel Razzle Dazzle Chopper Works Bandung.

Efek akhirnya yang dihasilkan adalah ada kemungkinan sepeda motor modifikasi akan sama dengan yang lainnya. Sedangkan untuk motor custom akan berbeda karena diciptakan khusus, tidak ada yang sama.

"Poinnya kalau custom berusaha berkarya. kalau modifikasi, kita punya duit ganti ini itu jadi. Kalau custom kita mau ini dimulai dengan mendesain, kita datang ke spesialis bikin tangki, bubut, dan lain-lain," jelas builder yang menjadi juri Suryanation Motorland 2018.

Nah sudah tahu perbedaanya. Kini tinggal anda pilih motor modifikasi atau motor custom?


(UDA)