Tips Knowledge

BBM Naik? Akali dengan Teknik Eco Driving

Ekawan Raharja    •    Senin, 15 Oct 2018 07:35 WIB
safety drivingtips knowledge
BBM Naik? Akali dengan Teknik Eco Driving
Teknik eco driving bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi bbm. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Harga BBM non-subsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex kembali naik baru-baru ini. Tentu pemilik mobil harus semakin cerdas untuk mengantur penggunaan bensin agar tidak menjebol kantong.

Salah satu tips untuk menghemat penggunaan BBM, bisa mengaplikasikan teknik eco driving. Ini merupakan salah satu teknik mengemudi dan ampuh untuk membuat mobil mencapai efisiensi BBM yang lebih baik. Lantas bagaimana saja tekniknya?

Jaga Putaran Mesin
Semakin tinggi putaran mesin, maka akan semakin boros. Untuk itu jaga putaran mesin antara 2.000-3000 rpm. Mobil-mobil sekarang juga sudah  banyak dilengkapi eco indicator, yang akan menyala saat Anda berkendara dengan eco driving.

Perpindahan Gigi
Menginjak pedal gas dengan halus sehingga putaran mesin tak naik denagn cepat juga salah satu caranya. Untuk transmisi manual, lakukan perpindahan gigi dengan halus tanpa harus menunggu mesin berputar tinggi.

Kecepatan Stabil
Mengapa melaju di jalan tol bisa lebih hemat? Itu karena kecepatan relatif stabil. Kecepatan hingga 100 km/jam masih bisa menghemat bahan bakar. Fitur cruise control bisa digunakan jika sudah jadi perlengkapan standar mobil.

Smooth Driving
Berakselerasi dan mengerem dengan cepat bisa ikut pengaruhi konsumsi BBM mobil. Lakukan injakan pedal gas dan rem dengan halus. Lakukan cara yang sama ketika terjebak kemacetan.

Jaga Momentum
Ketika melihat jalur menanjak, sebaiknya jaga kecepatan agar mobil punya momentum untuk melewatinya. Alhasil Anda tak perlu membuat mesin bekerja ekstra untuk melewati jalur tersebut.


(UDA)