Motor Baru

Beli Motor Baru untuk Berlebaran? Sekarang sudah Sulit!

Ekawan Raharja    •    Senin, 12 Jun 2017 15:32 WIB
tips mudik
Beli Motor Baru untuk Berlebaran? Sekarang sudah Sulit!
Sangat beresiko surat-surat sepeda motor belum rampung sebelum lebaran jika membeli sekarang. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang membeli sepeda motor baru untuk dipakai berlebaran, baik untuk di bawa mudik maupun sekedar punya sepeda motor baru saat hari raya. Jika itu termasuk niat anda, sebaiknya segera urungkan saja.

Jika anda membeli sepeda motor baru untuk dipakai berlebaran, maka sudah telat. Banyak aspek yang diperlukan sebelum akhirnya sepeda motor bisa digunakan pas berlebaran untuk bertemu keluarga.

"Kalau membeli sepeda motor baru, diperhatikan dulu stok ketersediaanya. Kalau motor-motor yang ready stock di dealer seperti Mio Z atau V-ixion bisa langsung di bawa pulang," ungkap General Manager After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, di sela-sela Jakarta Fair 2017.

Namun perlu diingat meski sepeda motor sudah sampai di rumah, bukan berarti si kuda besi bisa langsung dipacu. Ada kelengkapan surat-surat yang harus diperhatikan, seperti BPKB, STNK, dan pelat nomor.

"Pengurusan surat-surat memerlukan waktu sekitar 10 hari. Ini yang harus hati-hati, dalam artian surat bisa kelar sebelum lebaran atau tidak," tambah Abidin.

Sebagai gambaran jika memesan sepeda motor hari ini, Senin (12/6/2017), maka diperlukan waktu 10 hari yang berarti jatuh pada Jumat (23/6/2017).

Jika waktu kalender tidak meleset, Jumat tersebut sudah masuk ke cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Sehingga surat-surat sepeda motor yang diajukan bisa jadi belum selesai.

Berarti sangat beresiko sepeda motor baru tidak bisa digunakan untuk berlebaran atau bahkan mudik. Tapi konsumen yang tetap inginkan tunggangan baru untuk berlebaran, bisa beralih mempertimbangkan sepeda motor bekas. Selain unitnya sudah dipastikan, surat-suratnya pun sudah tersedia.

Nah semua tinggal pilihan anda masing-masing. Sudah siap mudik?


(UDA)