TIps Knowledge

Idle Up Rusak, Bikin Mesin Drop dan AC Tak Dingin

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 08 Nov 2017 11:50 WIB
tips knowledge
Idle Up Rusak, Bikin Mesin Drop dan AC Tak Dingin
Idle up yang rusak bisa menyebabkan mesin mobil drop atau mati secara tiba-tiba saat AC dihidupkan. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain berkendara menjadi tidak nyaman, kerja AC mobil yang tidak optimal membuat kabin tidak terasa dingin dan bisa berpengaruh terhadap performa mesin.

Menurut Alimin mekanik spesialis AC mobil yang praktek di bilangan Bekasi Barat, masalah tersebut bisa disebabkan idle up AC mobil sudah rusak, atau setelan idle up yang kurang pas atau kerendahan. Komponen yang satu ini sangat diperlukan karena berfungsi untuk menaikan RPM saat AC dihidupkan.

Untuk kasus seperti ini, gejala yang dialami adalah performa mesin mobil drop atau mati secara tiba-tiba saat AC dihidupkan. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, saat berjalan pelan terpaksa harus menginjak pedal gas lebih dalam untuk membuat mesin lebih bertenaga.

Untuk mobil yang menggunakan karburator, hilang atau drop-nya tenaga mesin bisa diatasi dengan menyetel idle up pada RPM mesin secara manual. 

Penyetelan ini berpengaruh terhadap beban dan putaran mesin, khususnya saat mesin dalam kondisi langsam atau stationer. Jika ternyata idle up sudah rusak parah, disarankan ganti dengan yang orisinil biar lebih awet.

Sementara untuk mobil dengan sistem injeksi penyetelan RPM diatur oleh ECU, sehingga tidak bisa dilakukan secara manual. Penting untuk diperhatikan. Idealnya, saat mobil diam tanpa menghidupkan AC, putaran mesin berada di kisaran 800 RPM. Sedangkan dalam kondisi AC hidup, putaran dikisaran 900 hingga 1000 RPM. 


(UDA)