Tips Knowledge

Trik Ampuh Menghindari Kecelakaan Beruntun

Ekawan Raharja    •    Jumat, 28 Dec 2018 11:32 WIB
safety drivingtips knowledge
Trik Ampuh Menghindari Kecelakaan Beruntun
Sejumlah pekerja menanti rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo saat meninjau jalan tol Trans Jawa di Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.

Jakarta: Tabrakan beruntun memang menjadi resiko ketika mengemudi di jalan tol. Tapi dengan teknik mengemudi yang tepat, kecelakaan bisa saja dihindari tepat waktu.

Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan ada trik untuk menghindari tabrakan beruntun. Triknya adalah sederhana, jangan langsung menginjak pedal rem dan lihat terlebih dahulu kaca spion.

"Kalau di depan ada tabrakan atau kecelakaan, jangan langsung injak rem. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat kaca spion," ungkap Jusri melalui sambungan telepon pada Kamis (27/12/2018) kepada Medcom.id.


Penanganan kecelakaan di jalan tol. Humas Polda Jatim

Alasannya adalah dengan melihat spion, maka pengemudi bisa melihat kondisi di belakangnya. Kemudian pengemudi bisa mengambil tindakan yang tepat.

"Kalau misalkan di belakang ada mobil, kita bisa pindah jalur ke sebelahnya atau mungkin masuk ke rumput-rumput. Sedangkan kalau tidak ada mobil di belakang, baru kita bisa injak rem untuk menghindarinya."

Tentu saja resiko tabrakan beruntun sangat memungkinkan mengintai pengemudi di jalan tol. Mengingat bila jalan tol lancar, maka pengemudi akan bergerak dengan kecepatan tinggi dan konstan.

"Ketika jalanan lancar, maka akan ada karakteristik jalan tol yakni kondisi melaju yang konstan dan kecepatan tinggi. Ada risiko kecelakaan beruntun," ujar Jusri.


(UDA)