Tips Safety Riding

Pintu Kurang Rapat, Berisiko Kecelakaan saat Berkendara

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 17 Apr 2017 15:38 WIB
safety riding
Pintu Kurang Rapat, Berisiko Kecelakaan saat Berkendara
Pastikan pintu mobil tertutup rapat untuk menjaga keselamatan penumpang/MTVN M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecelakaan di jalan saat berkendara bisa terjadi karena berbagai hal. Kadang kejadian tersebut terjadi akibat kelalaian karena kurang teliti dalam memperhatikan faktor keselamatan pengemudi dan penumpang.

Seperti kurang rapatnya menutup pintu mobil, hal ini sering terjadi dan banyak kita temui di jalan. Disadari atau tidak keajdian seperti ini sangat membahayakan keselamatan penumpang yang duduk di sebelah pintu yang tidak tertutup rapat.

“Saat kendaraan berbelok akan ada daya dorong atau gravitasi, apabila tidak rapat dan terkunci dengan benar, akan mendorong pintu dan bisa terbuka, serta adanya turbulensi udara yang masuk melalui pintu yang tidak tertutup rapat,” jelas Slamet Haryadi selaku Foreman Toyota Auto2000 cabang Kalimalang.

"Kedua, efeknya bisa mengenai pengendara lain. Katakanlah jika pintu terbuka karena kunci atau pengaitnya tidak pas dan terlepas saat mobil dalan keadaan berjalan, maka pintu yang terbuka bisa membahayakan pengendara lain yang melintas cepat," tambahnya.

Bagi sebagian mobil memang telah menyediakan fitur/indikator yang akan memberitahu jika pintu dalam keadaan terbuka atau belum tertutup rapat. 

Ada baiknya bagi mobil yang belum dilengkapi dengan fitur/indikator tersebut untuk lebih waspada, dan teliti saat menutup pintu mobil. 

Pastikan dan periksa pintu mobil tertutup rapat serta dalam posisi yang benar sebelum jalan, sehingga aman bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.
 


(UDA)