Tips Mobil

Cara Mudah 'Facelift' LCGC Calya-Sigra

   •    Selasa, 13 Sep 2016 13:25 WIB
tips mobil
Cara Mudah 'Facelift' LCGC Calya-Sigra
Menghilangkan ciri khas LCGC di Calya dan Sigra, tinggal ganti logo ini. Ade Habibie

Metrotvnews.com, Jakarta: Aturan etik low cost green car (LCGC) mengharuskan penggunaan logo dan emblem khas. Banyak yang menilai logo 'lokal' mengurangi ketampanan LCGC. Untungnya masalah ini mudah diatasi.

Misalnya logo burung garuda di Toyota Calya, kalau ingin diganti menggunakan logo Toyota yang menyerupai huruf T itu, ternyata tak sulit. Contohnya seperti yang dilakukan oleh komunitas Calya Sigra Community (Calsic), komunitas pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini menemukan cara mudah untuk mengganti logonya.

"Logonya dari sisi estetika dan makna seperti enggak niat bikin, seperti burung lagi nyerah," Ade Habibie, founder Calsic. "Coba kalau dibuat sedikit miring seperti logo di Harrier, mungkin akan lebih bagus."


Oleh karena itu, beberapa anggota komunitas ini pun bereksperimen mengganti logo garuda tersebut. Ada yang mengganti dengan logo Toyota, Lexus bahkan Vellfire.

"Saya sudah ganti logonya, yang pas adalah ukuran 15x10 cm yang ternyata identik dengan milik Toyota Grand Avanza Veloz. Ini komponen orisinal seharga seratus ribuan. Kenapa beli yang asli? Karena kita tak perlu khawatir akan cepat menguning seperti logo yang kebanyakan komponen aftermarket," lanjut pria yang juga pengusaha GPS Tracker Super Spring itu.

Alat yang di butuhkan untuk melakukan penggantian logo ini cukup sederhana. Obeng minus kecil, lap kanebo atau lap yang lembut, gunting dan terakhir double tape 3M yang khusus outdoor.

"Cungkil logo garuda secara perlahan menggunakan obeng minus yang dilapisi kain agar tidak lecet. Sebelum memasang logo yang baru, pastikan itu sudah ditempel double tape. Ini untuk memperkuat posisinya, karena biasanya pegangan logo ke rumahnya ada sedikit perbedaan. Setelah itu masukkan logo baru tadi ke rumah sebelumnya."



Nah, Toyota Calya anda akan semakin keren dengan Logo yang sudah diganti. Trik ini juga bisa dilakukan untuk Daihatsu Sigra, ukuran logo Sigra pun sama dengan Calya.
 


(UDA)