Tips Mobil

4 Cara Mudah Melepas Stiker di Mobil

Ekawan Raharja    •    Selasa, 14 Feb 2017 17:46 WIB
tips mobil
4 Cara Mudah Melepas Stiker di Mobil
Mencopot stiker perlu perlakukan khusus agar tidak merusak cat mobil. Macello

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini banyak pemilik mobil yang mengaplikasikan stiker untuk merubah penampilan mobilnya. Salah satu keunggulan dari stiker adalah mudah diganti jika pemilik mobil sudah bosan.

Namun perlu diingat untuk mencopot stiker tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah, lem yang ada di stiker malah dapat merusak cat mobil. Berikut 4 cara melepas stiker agar aman dan tidak merusak cat mobil, yang dikutip dari laman resmi Daihatsu.

1. Hari Dryer
Cara pertama adalah dengan menggunakan pengering rambut (hair dryer). Prinsipnya adalah memanaskan stiker sehingga lem tidak terlalu kuat menempel di bodi mobil.

Panas yang dihasilkan hair dryer cukup untuk membuat lem menjadi lunak. Namun panasnya pun cukup aman, dan tidak merusak cat mobil.

2. Mentega
Menggunakan mentega juga bisa menjadi cara ampun untuk melepaskan stiker. Mentega memiliki reaksi kimia yang dapat mengurangi daya rekat lem.

Caranya cukup mudah, pemilik mobil bisa mengoleskan mentenga di atas stiker yang ingin di lepas. Tunggu hingga beberapa menit, dan kemudian tarik stiker perlahan.

3. Sabun/Sampo
Sabun atau sampo bisa juga digunakan untuk melepaskan stiker. Kandungan di dalam sabun atau sampo bisa menghilangkan daya rekat lem di stiker.

Caranya juga tidak begitu sulit, tinggal basahi permukaan stiker kertas yang ingin dilepas dengan air sabun atau sampo. Selanjutnya gosok perlahan menggunakan kain basah sehingga sisa perekat di stiker terlepas.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih juga memiliki reaksi yang sama seperti Mentega. Cara penggunaanya pun juga sama dengan mentega.

Bahkan setelah stiker terlepas, pemilik mobil bisa kembali menggosok mobil dengan minyak kayu putih. Supaya sisa-sisa lem yang masih melekat di mobil bisa hilang secara sempurna.


(UDA)