Tips Knowledge

Kenali Tanda-Tanda Aki Mobil Bermasalah

Ekawan Raharja    •    Senin, 03 Jul 2017 13:20 WIB
tips knowledge
Kenali Tanda-Tanda Aki Mobil Bermasalah
Aki yang sudah lama masa pakainya sebaiknya di ganti dengan yang baru untuk menjaga kelistrikan di mobil tetap bekerja dengan baik.

Metrotvnews.com, Jakarta: Aki merupakan salah satu komponen penting, khususnya untuk kelistrikan. Letakan yang ada di dalam kap mesin juga membuat komponen ini harus sering di lihat kondisinya.

Aki juga termasuk komponen fast-moving, dalam artian komponen yang habis masa pakainya. Tentu saja anda sebagai pemilik mobil harus paham dan mengenali komponen berbentuk kotak satu ini.

Aki yang sudah tidak bekerja secara maksimal harus segera mendapatkan perawatan atau lekas diganti. Berikut beberapa tanda aki sudah tidak bekerja maksimal yang dilansir dari situs resmi Hyundai:

1. Mesin Sulit Dihidupkan
Aki memiliki fungsi sebagai penyimpan arus listrik. Jika aki sudah lemah, maka tidak bisa menyimpan arus listrik. Salah satu efeknya dinamo starter tidak berfungsi dan mobil sulit atau bahkan tidak menyala.

2. Mesin Terasa Pincang
Gejala lainnya adalah mesin terasa pincang. Ini adalah salah satu efek pasokan listrik dari aki tidak berjalan lancar. Kondisi ini bisa dilihat dari sinar lampu utama yang meredup.

3. Aki Menggelembung

Melihat fisiknya, ada kala aki yang sudah lama menggelembung karena pengisian listrik yang berlebih. Bila dibiarkan dalam waktu lama ama bisa meledak dan membahayakan penumpang mobil.

4. Kerak di Kutub Aki
Kerak di kutub aki disebabkan oleh penguapan air aki yang berlebih, dan menyusup lewat terminal aki. Kerak di kutup aki dapat membuat suplai arus listrik berkurang. Dan jika keraknya sudah lama dan mengeras, sebaiknya di ganti dengan aki baru agar tidak merusak komponen kelistrikan yang lain.

5. Usia Pakai
Aki memiliki usia pakai 1-1,5 tahun, dna berlaku untuk semua jenis aki. Jika melebihi usia tersebut biasanya kinerjanya sudah tidak maksimal dan sebaiknya di ganti.

Nah bagaimana dengan aki anda? masih sehat?


(UDA)