Tips Knowledge

Deteksi Kerusakan AC Melalui Suaranya

Ekawan Raharja    •    Minggu, 24 Sep 2017 12:15 WIB
tips knowledge
Deteksi Kerusakan AC Melalui Suaranya
Deteksi AC bermasalah dengan mendengarkan langsung bunyi-bunyian. YTube

Metrotvnews.com, Jakarta: AC merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kenyamanan berkendara. Agar bekerja dengan maksimal, tentu pemilik mobil harus merawatnya dengan baik.

Untuk memeriksa kondisi AC, tidaklah sulit. Pemilik bisa mengetahui kerusakan AC berdasarkan bunyi-bunyi yang dihasilkan.

“Paling mudah mengecek adanya bunyi-bunyian saat AC dinyalakan. Apakah ada suara mendesis dan dibarengi AC tidak sejuk. Sedang di luar kabin bisa cek kondisi kompresor saat beroperasi,” ucap spesialis AC Bengkel Orion Motor, Sarwono Edi, dilansir dari laman resmi Daihatsu.

Jika mendengarkan bebunyian, ada beberapa komponen di AC yang perlu diperiksa.

Pertama yang harus diperiksa adalah tekanan freon. Pastikan tekanan freon tidak boleh kurang dari 2 kilogram. Jika tekanan freon sudah melemah, berarti ada kebocoran atau kerusakan pada kompresor dan bagian lainnya.

Selain itu periksa juga vakum kompresor. Komponen ini harus mampu memberikan tekanan agar sirkulasi freon berjalan dengan lancar. Kalau vakum ikut melemah, artinya ada masalah pada kompresor yang dapat memperparah kerusakan komponen lainnya.

"Memeriksa kondisi freon dan vakum kompresor, sebaiknya dilakukan di bengkel AC. Karena di bengkel AC tersedia alat untuk mengukur kualitas tekanan dan kevakumannya. Kalau ada kerusakan maka akan segera ditangani,” imbuh mekanik yang bermarkas di Jalan Krukut Raya, Krukut, Depok.

Selain itu jangan lupa untuk memeriksan bearing magnetic clutch yang menempel di kompresor. Sebab jika komponen ini sudah tidak maksimal memberikan bantalan putar dan macet, lalu didiamkan akan timbul panas hingga terbakar.

Bila bearing aus harus segera di segera diganti. Karena kalau sudah terbakar, dikhawatirkan mesin mati mendadak dan ikut membakar belt yang tersambung pada mesin.


(UDA)