Tips Knowledge

Rem Blong? Begini Langkah-Langkah Antisipasinya

Ahmad Garuda    •    Selasa, 25 Apr 2017 17:34 WIB
tips knowledge
Rem Blong? Begini Langkah-Langkah Antisipasinya
Rem jebol bisa diakali dengan beberapa cara agar tetap nyaman dalam berkendara. YourMechanic

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecelakaan di jalan raya yang diakibatkan rem mobil atau motor blong, bukan hal yang baru. Meski tak bisa berbuat banyak terhadap komponen pengeremannya, namun ada beberapa cara aman untuk menghentikan kendaraan. Tentunya dengan memperhatikan jenis kendaraan yang Anda gunakan.

Instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra menjelaskan bahwa terdapat beberapa tahap penting yang harus diketahui para pengendara. Terutama soal pemecahan masalah yang berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara.

"Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan engine brake secara perlahan, tergantung dari kondisi yang ada. Jika memang harus melakukan engine brake secara cepat maka bisa melakukannya dengan cara yang agak cepat. Baik manual atau pun matik," jelas Dhany.

Pria berkaca mata itu juga melanjutkan bahwa untuk tipe mobil dengan transmisi otomatis CVT, bisa memindahkannya ke mode sport atau manual. Ini akan membantu mobil bisa berhenti secara perlahan.

Cara kedua yang dijelaskan Dhany adalah mengoperasikan tuas rem parkir. Tapi bukan dengan menariknya secara penuh, tanpa menekan tombol untuk non-aktifkan rem tersebut. Melainkan dilakukan secara perlahan dan jari memencet tombol kliknya.

"Mengapa ini jadi cara yang efektif? karena rem parkir juga tetap adalah rem. Cuma cara kerjanya berbeda dengan pengereman utama di mobil. Tapi harap waspada, jika menarik tuas ini, tangan harus stand by menekan tombol klik-nya. Ini dilakukan agar roda tak mengunci yang akibatnya bisa lebih fatal lagi."

Cara ketiga dan cukup ekstrim yang diberikan oleh Dhany adalah mematikan mesin. "Ini risikonya cukup besar, karena bisa membuat mesin mobil jadi jebol."

Selain itu, biasanya ada juga yang melakukan tindakan pencegahan dengan mengalihkan mobil ke tepi jalan atau sawah yang ada di sampingnya. Tapi saat ini sangat sulit melakukan itu apalagi dalam kondisi lalu lintas perkotaan. Kalau sudah tahu prosedurnya, saat mengingat prosedur singkatnya agar bisa mengambil tindakan cepat saat terjadi masalah rem blong.


(UDA)