Tips Mobil

Pelumas dan Bahan Bakar Kunci Awet Mesin Diesel

Ekawan Raharja    •    Rabu, 11 Oct 2017 12:31 WIB
tips mobil
Pelumas dan Bahan Bakar Kunci Awet Mesin Diesel
Mesin diesel sekarang sudah banyak mengadopsi teknologi common rail atau turbodiesel. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com: Mesin diesel semakin efisien dan bertenaga berkat teknologi common rail dan juga turbo. Selain itu mesin diesel terbaru juga lebih bersih dibandingkan mesin diesel jaman dulu. Tapi yang paling utama adalah pelumas dan kualitas bahan bakar untuk membuatnya jauh lebih penting.

Tentu perlakuan dan perawatan mesin diesel modern juga berbeda jauh dengan mesin diesel di awal-awal kemunculannya. Pemilik mobil bermesin diesel harus lebih teliti memberikan asupan kebutuhan untuk jenis mesin tersebut. Contohnya pelumas dan bahan bakar yang digunakan.

Menurut laman resmi Hyundai, pelumas mesin diesel kini karakteristiknya sama dengan pelumas yang dibuat untuk mesin bensin. Mulai dari tingkat kekentalannya, mesin diesel saat ini mulai membutuhkan pelumas yang lebih encer. 

Hal tersebut dikarenakan beban kerja mesin diesel lebih ekstrem, penyebabnya adalah rasio kompresi yang tinggi. Ditambah dengan kehadiran turbocharger, maka menghasilkan suhu dan tekanan yang lebih tinggi pula.

Sehingga jangan kaget jika pelumas mesin diesel sekarang memiliki tingkat kekentalan (viskositas) yang lebih rendah. Kebutuhan pelumas mesin diesel tergolong sangat encer, dan pilihannya ada di SAE 10W-30, SAE 5W-40 atau 5W-30.

Selain itu jangan asal juga memilih bahan bakar, khususnya solar dengan kualitas rendah. Hal ini terkait tekanan sistem bahan bakar mesin turbodiesel modern cukup tinggi. Sehingga mesin diesel modern memerlukan bahan bakar berkualitas yang punya kandungan sulfur rendah.

Apabila mesin turbodiesel dipaksakan mengonsumsi bahan bakar kualitas rendah, bisa dipastikan filter solar akan menjadi korban pertamanya. Filter solar bisa mengalami kemampatan.

Lantas kerusakan akan diikuti terganggunya fungsi injektor, karena solar berkualitas rendah memiliki kandungan sulfur tinggi. Sementara filter solar mesin diesel modern itu harus sangat rapat. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang bisa menghambat lubang injektor mesin turbodiesel modern  yang semakin kecil.

Komponen lain yang terkena masalah akibat bahan bakar berkualitas rendah adalah catalytic converter. Komponen ini berguna menyaring kadar emisi gas buang agar dan masa pakai catalytic converter bergantung kualitas bahan bakar. Penggunaan bahan bakar berkualitas akan memperpanjang umur catalytic converter.


(UDA)