Safety Riding

Berputar Arah, Selalu Perhatikan Kondisi Sekitar

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 23 Mar 2018 11:05 WIB
safety riding
Berputar Arah, Selalu Perhatikan Kondisi Sekitar
Berputar arah harus waspada dan perhatikan kondisi sekitar. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Minimnya pengetahuan tentang cara berkendara motor yang aman, serta kelalaian pengemudi yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas kerap dituding sebagai salah satu penyebab kecelakaan di jalan.

Salah satu yang sering dan kurang diperhatikan pengendara adalah tata cara berbelok yang benar dan aman. Momen putar arah ini akan menjadi berbahaya jika kita tidak waspada dan tidak yakin. 

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi memberikan beberapa tips cara berbelok atau memutar dengan aman.

Menurut Herry, ketika hendak berputar arah, laju kendaraan wajib dalam kecepatan rendah, dan ada momentum yang mengharuskan berhenti sejenak untuk menunggu kendaraan dari arah berlawanan. 

"Selalu perhatikan kondisi lalu lintas, karena Anda akan memasuki jalur berkendara baru dan butuh waktu untuk bermanuver, pastikan sekeliling aman," beber Herry kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kemudian pandangan melihat ke arah tujuan, seperti halnya melewati tikungan. Lalu gunakan kopling dan rem belakang untuk mengontrol kecepatan motor. Hindari rem depan karena akan mengganggu keseimbangan.

Jika sudah ada kesempatan dan aman, jangan ragu-ragu untuk memiringkan motor agar radius putar lebih kecil dan tidak melebar. "Meski teknik berputar arah terlihat sepele, tak ada salahnya untuk melatih kemampuan lagi."


(UDA)