Ganti Pelek Aftermarket

Ganti Pelek Mobil Aftermarket, Perhatikan Ukuran PCD

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 17 Oct 2018 07:29 WIB
tips knowledge
Ganti Pelek Mobil Aftermarket, Perhatikan Ukuran PCD
Pilih ukuran PCD sesuai standar pabrikan biar pasang pelek mobil tinggal plug and play. Evasivemotorsports

Jakarta: Serupa tapi tak sama, mungkin peribahasa itulah yang sepertinya tepat untuk menggambarkan ketika Anda hendak mengganti pelek standar mobil Anda dengan pelek aftermarket. Meski menggunakan ukuran ban yang sama, belum tentu peleknya bisa dipasang di mobil Anda, karena pitch circle diameter (PCD) berbeda.  

Kepala bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur menjelaskan, PCD adalah ukuran diameter pola baut roda. Cara pengukurannya adalah mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda.

Mus mencontohkan, misalnya 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter. Berbeda lagi jika 5 baut, pengukurannya di antara dua titik lubang baut yang ada di seberang lubang baut roda yang ditarik ukurannya.

PCD standar yang terdapat di mobil jenis sedan kecil dan hatcback umumnya berukuran 100 mm (disebut PCD 100). Sedangkan mobil jenis MPV dan SUV biasanya menggunakan PCD 114, Mercedes-Benz 112 dan BMW 120. 

Jika Anda ingin membeli pelek bekas Mus menyarankan, sebaiknya perhatikan bagian lubang baut. Periksa dengan teliti apakah sudah pernah diubah atau tidak. Sebaiknya perhatikan bagian lubang baut. Periksa dengan teliti apakah sudah pernah diubah atau tidak.

"Kadang ada yang mengubah untuk menyesuaikan PCD. Kondisi seperti ini membuat kondisi pelek tidak tahan lama. Sebab, mengubah lubang baut pelek harus dibor dan dicor ulang. Dikhawatirkan kedua material tidak menyatu dengan kuat dan lubang pelek tidak lurus. Hal ini membahayakan," tutup Mus.


(UDA)