Tips Knowledge

Memanaskan Mesin Motor, Tetap Penting untuk Sirkulasi Oli

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 31 Mar 2017 11:19 WIB
tips knowledge
Memanaskan Mesin Motor, Tetap Penting untuk Sirkulasi Oli
Panaskan mesin sepeda motor injeksi tidak perlu terlalu lama. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan memanaskan sepeda motor dengan durasi waktu yang cukup lama kerap dilakukan pengendara di Indonesia. Kebiasaan ini harus dihentikan jika Anda menggunakan motor keluaran baru.

Pasalnya, motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi yang lebih maju, seperti sistem bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi.

Menurut, Yosi, pemilik bengkel Bengbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi sudah lebih canggih dibanding yang masih menggunakan karburator.

Di motor sistem injeksi, kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tidak perlu menarik handel gas ketika menghidupkan atau memanaskan.

"Memanaskan mesin motor cukup 1-2 menit dan tidak perlu digeber-geber. Biarkan menyala dengan kondisi stasioner. Pada saat itu, oli sudah bersirkulasi dengan baik," jelas Yosi kepada Metrotvnews.com, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Menurut Yosi, sepeda motor fuel injection juga sudah tidak memerlukan choke. Pasalnya, ada sensor yang mendeteksi suhu mesin sehingga mudah dihidupkan.


(UDA)