Tips Knowledge

Cara Mencegah Tikus Bersarang di Ruang Mesin Mobil

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 03 Nov 2017 14:48 WIB
tips knowledge
Cara Mencegah Tikus Bersarang di Ruang Mesin Mobil
Tikus akan merusak komponen mobil disekitarnya. Axle Addict

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejadian tikus yang bersarang pada ruang mesin sudah sering terdengar. Hewan pengerat satu ini tak hanya bersarang, tapi juga merusak komponen yang ada disekitarnya seperti kabel-kabel dan selang. Sebaiknya lakukan langkah pencegahan agar pengerat ini betah bersarang di ruang mesin.

Alhasil mobil akan mogok dan rusak, pemilik mobil pun harus keluar dana untuk mengganti komponen yang dirusak tikus. Itu belum termasuk bau dari kotoran tikus, yang juga berbahaya bagi kesehatan.

Biasanya tikus akan bersarang dan berada di sekitar mobil jika areanya kotor dan gelap. Makanya untuk mencegah hewan satu ini datang, hindari dua penyebab tadi seperti dituliskan tips sahabat Daihatsu.

Bersihkan kotoran dan barang tak perlu di seputar garasi, cuci pula mobil khususnya jika akan ditinggal pergi cukup lama. Tak hanya eksterior, ruang mesin juga dibersihkan agar tikus enggan berkunjung.

Anda juga bisa menambahkan wewangian di ruang mesin seperti kapur barus. Cara ini dilakukan oleh salah satu pengguna Daihatsu Ayla asal Tangerang.

"Bisa pakai potongan kemasan air mineral dan disangkutan di area mesin, taruh kapur barus di dalamnya. Ampuh kok, selama ini aman dari tikus," kata Wahyudin, beberapa waktu lalu kepada Metrotvnews.com.

Selamat mencoba.


(UDA)