Perawatan Mobil

Deteksi Dini Kaki-Kaki Mobil yang Mulai Bermasalah

Rifki Rahman    •    Selasa, 18 Jul 2017 15:00 WIB
perawatan kendaraan
Deteksi Dini Kaki-Kaki Mobil yang Mulai Bermasalah
Kaki-kaki mobil wajib diperhatikak jika ingin terjadi masalah di jalan raya. Autoxpat

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejatinya, mobil yang Anda gunakan sudah memiliki beban sangat besar. Ditambah lagi dengan adanya penumpang ataupun barang barang yang diangkut, membuat beban bakal semakin berat. Oleh karena itu perawatan bagian kaki-kaki adalah wajib hukumnya.

Sialnya, apabila salah satu komponen ini rusak akan merembet kepada komponen komponen lain yang memiliki tugas sama. Bukan hanya itu, kocek yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki komponen yang rusak tidak sedikit.
Enam komponen ini adalah yang paling utama untuk mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil anda. Di antaranya shockbreaker, tierod dan balljoint, bushing arm, bushing stabiliser, bearing, dan ban.

Mulai dari shockbreaker atau peredam kejut mobil yang secara umum bertugas untuk menahan beban atas dan goncangan yang diterima ketika mobil melaju dan melibas lintasan. Secara umum komponen ini sudah mumpuni dengan bahan dari baja, namun tetap punya batas umur.

Cara mendeteksinya dengan mendengarkan suara ketika mobil bergerak, apabila terdapat suara ganjil bergemuruh itu bisa jadi salah satu isyarat. Kedua, tierod dan balljoint yang pada umumnya berbahan logam yang memilki fungsi ketika ban belok sedangkan balljoint berfungsi untuk menopang knuckle arm.

Cara mendeteksi masalahnya dengan cara mendongkrak roda bagian depan, setelah itu tahan kemudi atau steer agar roda tidak bergerak. Setelah itu guncang roda beberapa kali, apabila ban terasa oblak atau tidak stabil berarti komponen tersebut aus atau bermasalah.

Ketiga, bushing arm atau selongsong besi yang disokong dengan karet fungsinya sebagai penyangga antara roda dan lengan pencengkramnya. maksudnya bushing ini memiliki fungsi sebagai peredam getaran antar komponen suspensi. Cara mendeteksinya tidak rumit, Anda mencari lintasan lurus dan kendarai mobil Anda dalam keadaan pelan. Apabila mobil dominan ke kiri atau ke kanan sudah dipastikan bushing arm bermasalah.

Keempat, bushing stabiliser memiliki fungsi penyeimbang suspensi kiri dan kanan yang kalau bermasalah berdenyit dan mengeluarkan suara saat direm. Cara mendeteksinya sama dengan bushing arm tapi masalah di bushing akan menambah beban kemudi roda anda dan akan terasa berat saat digerakkan. Kelima, bearing yang merupakan bantalan roda yang berfungsi penyeimbang roda dan kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksinya bisa dengan mendengarkan suara ganjil pada daerah roda, atau dengan memperhatikan putaran roda. Caranya, cek satu per satu ban anda dengan dongkrak dan putar roda. Apabila terasa seret atau berputar tidak semestinya, artinya bearing bermasalah.

Keenam, ban adalah bagian terluar dari kaki-kaki mobil yang bersentuhan langsung dengan lintasan dan terkikis jalan dan biasanya menimbulkan efek licin atau goyang.

Cara mendeteksinya bisa dengan dilihat, apa ada bagian yang terkisis dan sudah parah. Apabila sudah terasa sangat mengganggu tidak ada salahnya untuk mengganti ban anda karena ban bersinggungan langsung dan bergesekan secara aktif dengan jalanan.

Beberapa hal di atas adalah cara untuk mendeksi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan penggantian kaki-kaki di mobil Anda. Mendeteksi lebih dini lebih baik daripada mengganti keseluruhan kaki kaki mobil anda.


(UDA)