Tips Mudik Aman

Tangki BBM Sepeda Motor Wajib Penuh saat Ditinggal Mudik

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Jun 2017 18:06 WIB
tips mudik
Tangki BBM Sepeda Motor Wajib Penuh saat Ditinggal Mudik
Biasakan selalu mengisi penuh tangki bahan bajar agar mencegah karat. Autoguide

Metrotvnews.com, Jakarta: Datangnya Hari raya Idul Fitri tidak lama lagi. Banyak masyarakat perkotaan yang mulai memperispakan diri untuk menjalani aktifitas tahunan tersebut. Bahkan tak jarang kendaraan roda dua mereka ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama.

Safety Riding Analyst Astra Motor, Gerald Gozal menyarankan, agar motor pemudik yang akan ditinggalkan sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu. Salah satu bagian yang harus dipersiapkan adalah tangki bensin.

"Isi bensin dalam kondisi penuh saat akan ditinggalkan. Hal ini untuk menghindari penguapan bensin yang dapat mengakibatkan karat," jelas Gerald Gozal kepada Metrotvnews,com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jika sudah mepet waktu pergi atau tidak ada kesempatan untuk mengisi penuh tangki bahan bahan bakar, pergi ke pom bensin, pemilik motor disarankan menguras/mengosongkan terlebih dahulu tangki bensin motor. Hal ini sama untuk mengurangi penguapan bensin di tangki.

"Udara pasti akan ada di tangki yang kosong karena ada mekanisme ventilasi, supaya tangki tidak vacuum. Makanya semakin sedikit bahan bakar di tangki, semakin besar kemungkinan kondensasi air," pungkasnya.

Nah mulai sekarang selalu biasakan untuk mengisi tangki bahan bakar selalu penuh, terutama saat sepeda motor ditinggal lama. Tentu saja ini penting diperhatikan agar motor tetap baik meski ditinggal mudik.

Di sisi lain, ada juga yang menegaskan bahwa tangki bahan bakar sebaiknya dikuras habis. Hal ini ada benarnya juga, jika memang bisa melakukan itu. Lantaran tangki bahan bakar dan saluran bensin yang benar-benar kosong, biasanya tak menyisakan tempat bagi air untuk kondensasi. Sehingga tangki bahan bakar tetap aman dari karat. Namun jika ragu, sebaiknya kembali ke tips awal, yaitu mengisi penuh bahan bakar sebelum mudik. Selamat mencoba!


(UDA)