Tips Mudik Aman

Waspada Mesin Over Heat saat Kondisi Macet

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Jun 2017 13:23 WIB
tips mobil
Waspada Mesin <I>Over Heat</i> saat Kondisi Macet
Waspada over heat dan jangan sembarangan menanganinya agar mobil tidak semakin rusak. AutoServiceCost

Metrotvnews.com, Cikarang: Salah satu yang efek yang ditimbulkan oleh momen mudik adalah kemacetan di jalur-jalur utama pulau Jawa maupun Sumatera. Kondisi ini memaksa mobil bekerja lebih keras, dan dapat mengakibatkan mesin over heat jika tidak terawat.

Mekanik Nissan Sunter, Robbit, menjelaskan bahwa mobil-mobil saat ini kecil kemungkinan mengalami over heat. Hal ini dikarenakan mobil-mobil saat ini sudah memiliki sistem pendingin yang baik.

"Mesin over heat karena sistem pendingin mesin ada masalah, kita tidak tahu bagaimana kondisi di dalam mesin. Kalau tidak ada masalah, meski kondisi jalanan macet dan mesin tidak akan over heat," ucap Robbit pada Senin (19/6/2017) di Nissan Datsun Rest Area KM 57 Cikarang.

Namun tidak menutup kemungkinan mesin over heat terjadi, khususnya di mobil-mobil yang sudah tua. Jika mesin mobil sudah over heat, maka perlu penanganan khusus.

"Jangan langsung menambah air ke radiator jika mesin over heat, karena bisa membuat blok mesin bengkok dan rusak," beber Robbit.

Silahkan mobil ditepikan dan tunggu mesin dingin seutuhnya. Pengemudi dan penumpang bisa menunggu sekitar tiga jam untuk menunggu mesin kembali dingin.

Setelah mesin dingin, baru air dituang di ke radiator mobil. Perlu diingat pula jangan gunakan sembarangan cairan untuk dimasukan ke dalam radiator mobil.

"Silahkan diisi dengan cairan  vc, air mineral, atau air aki yang berwarna biru. Jangan gunakan air keran karena bisa menyebabkan karat di dalam mesin," pungkas Robbit.


(UDA)