Tips Safety Riding

Wejangan Buat Lady Bikers, Jangan Centil di Jalan!

Ekawan Raharja    •    Selasa, 11 Jul 2017 15:43 WIB
safety riding
Wejangan Buat Lady Bikers, Jangan Centil di Jalan!
Semakin hari semakin banyak lady bikers yang ada di Indonesia. Foto Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini semakin banyak lady biker di Indonesia yang bermunculan dari waktu ke waktu. Tentu saja kehadiran mereka menjadi pewarna di tengah hegemoni dunia otomotif yang melekat sebagai hobinya lelaki.

Meski keberadaan lady biker semakin menjamur, namun ketika di atas aspal semua biker memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai pengguna jalan raya. Bahkan untuk wanita yang mulai menjalani hobi bermotor, bisa lebih menjaga diri, tenang, dan bersabar.

"Biasanya kalau pemula suka show off supaya bisa dilihat. Sebetulnya tidak perlu show off karena kita ini minoritas, cuma sedikit, dan pasti disorot," ujar lady biker Imelda Susiang saat ditemui di Sport Stube Jakarta.

Wanita yang bergabung di komunitas Harley Owner Group (HOG) Jakarta Chapter ini berpendapat, bahwa lady biker harus tetap sederhana. Selain itu para wanita penunggang sepeda motor harus menguasai teknik berkendara yang baik dan benar, serta melengkapi diri dengan safety gear ketika melaju di atas roda dua.

"Safety riding harus yang paling utama. Selebihnya kembali lagi kepada masing-masing pribadi," tambahnya.

Ucapan dari Imelda tentu bisa dipegang lantaran dia sudah menjadi lady biker sejak 2004. Dia memulai statusnya sebagai lady biker dengan menunggangi Aprilia 125.

"2004 mulai serius, cuma sepeda motornya waktu itu Aprilia RS 125 2-tak. Habis itu naik ke 150 cc dengan Honda CBR, terus naik 250 cc," ungkapnya.

Ketika ditemui di acara halal bi halal HOG Jakarta Chapter, Imelda mengendarai Harley-Davidson Dyna Switchback 2013. Ia memilih motor gede seri ini lantaran naik kelas dari Sporster, dan agar bisa mengimbangi teman-temannya ketika touring.

"Saya ikut touring ke Baturaden Bike Week pekan depan, riding dari Jakarta," bebernya.

Wanita energik ini juga membagikan sedikit tips bagi para bikers yang ingin melakukan touring atau perjalanan jauh. Menurutnya persiapan sepeda motor, menjaga kondisi kesehatan, dan safety riding merupakan menu wajib sebelum berpergian.

"Jangan suka hang out kalau ingin touring karena mengendarai motor gede itu bukan main-main, kalau kecelakaan bisa fatal," tutup Imelda.


(UDA)