Extra Fan Mati Bikin AC dan Mesin Mobil Panas

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 06 Sep 2016 08:46 WIB
tips mobil
<i>Extra Fan</i> Mati Bikin AC dan Mesin Mobil Panas
Ekstra fan lemah atau mati bikin AC mobil tidak dingin dan mesin panas. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu kenyamanan dalam berkendara adalah jika air conditioner (AC) mobil berfungsi dengan baik. Jika tidak, dapat dipastikan kondisi dalam kabin bakal panas. Salah satu penyebab ac tidak dingin adalah akibat ekstra fan tidak berfungsi.

Menurut Alimin yang buka praktek spesialis AC mobil di bilangan Bekasi Barat, penyebab lain AC mobil tidak dingin, selain kurang freon karena kerja kipas AC yang tak maksimal. Selain AC menjadi tidak dingin, temperatur mesin mobil juga bisa menjadi panas

Fungsi kipas AC adalah untuk menghembuskan udara ke arah kondensor dan mendinginkan refrigerant. Sehingga refrigerant mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair.

Tidak maksimalnya kinerja kipas AC, bisa jadi karena komponen tersebut sudah lemah. Lama-kelamaan bisa mati total (macet), dan ini yang menyebabkan AC tidak dingin.

Jika kondisi sudah begini disarankan untuk segera mengganti dengan yang baru, terlebih temperatur mesin bisa ikutan panas sehingga mesin menjadi overheating. Karena tidak ada dorongan angin lebih untuk mendinginkan mesin.

Efek terparah adalah mesin bisa overheat membuat beberapa komponen mengalami kerusakan parah. Jika sudah begini dikhawatirkan merembet ke komponen lain dan merogoh kocek yang lebih besar.


(UDA)