Tips Knowledge

Tiga Hal Penting Saat Mengisi Angin Ban Mobil

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 23 Sep 2017 17:16 WIB
tips knowledge
Tiga Hal Penting Saat Mengisi Angin Ban Mobil
Panduan ukuran tekanan angin ban, patut diperhatikan jika ingin tetap aman dalam berkendara. Dok MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi pemilik mobil, wajib hukumnya mengecek tekanan angin ban. Ban memegang peranan penting, khususnya saat melaju, sehingga kondisinya harus dipastikan selalu prima.

Saat mengisi angin ban, tentu pemilik mobil harus memperhatikan secara seksama. Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan pemilik mobil.

1. Perhatian Ukuran Tekanan Ban yang Disarankan Pabrikan
Sebelum mengisi angin di ban, pastikan memperhatikan tekanan angin yang disarankan oleh pabrikan. Hal ini untuk memastikan keamanan, kemampuan, dan kenyamanan saat digunakan.

Caranya pemilik mobil bisa melihat tekanan ban yang disarankan dengan melihat buku manual. Selain itu pabrikan juga memasang tabel ukuran tekanan ban di bagian dalam pintu pengemudi.

2. Pakai Alat Ukur Tekanan Angin
Jangan sembarangan mengisi angin. Pastikan ukuran angin yang di isi sesuai dengan rekomendasi pabrik dengan menggunakan alt pengukur tekanan.

Biasanya mobil-mobil penumpang seperti MPV, sedan, atau SUV menyarankan sekitar 27-32 psi. Tergantung ukuran ban dan kemampuan ban.

3. Tutup Pentil Ban Usai Isi Angin
Usai diisi jangan lupa di tutup pentil ban. Meski sepele namun tutup pentil ban memiliki fungsi vital.

Tutup pentil ban berfungsi menjaga agar debu tidak masuk ke dalam pentil ban. Jika debu berhasil masuk ke pentil ban, maka bisa merusak per di dalam pentil dan membuat angin di dalamnya keluar.

Nah sudah tahukan cara untuk mengisi tekanan angin. Yuk jangan lupa diperhatikan saat mengisi angin.


(UDA)