Tips Knowledge

Temperatur AC, Bisa Bikin Stamina Pengemudi Turun

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 02 Sep 2017 11:46 WIB
tips knowledge
Temperatur AC, Bisa Bikin Stamina Pengemudi Turun
Penggunaan AC berlebih berkendara menjadi cepat lelah. Trafficsafety

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkendara menggunakan AC memang membuat perjalanan Anda menjadi lebih aman. Tapi tahukah Anda, penggunaan AC secara berlebihan bisa membuat stamina cepat menurun?

Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyarankan, agar tidak menggunakan AC terlalu lama saat berkendara. Selain itu, usahakan temperatur AC disetel tidak terlalu dingin.

"Biasakan untuk membuka jendela mobil minimal setiap 2 jam sekali. Hal ini dimaksudkan untuk mengganti sirkulasi udara yang lebih segar dari luar. Cukup buka atau turunkan sekitar 10-15 sentimeter. Silakan tutup kembali jika sirkulasi udara sudah lebih baik," jelas Sony, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Membuka jendela mobil juga bertujuan untuk menghilangkan kuman. Bukan apa-apa, sirkulasi udara dalam ruangan ber-AC cenderung tidak lancar sehingga kuman atau bakteri akan terperangkap di udara dan kemudian masuk ke tubuh melalui pernapasan.

"Dalam sebuah penelitian disebutkan orang yang lebih sering terkena udara AC cenderung lebih mudah merasa lelah dan mengalami sakit kepala. Daripada mereka yang lebih sering berada di ruang terbuka yang lebih banyak mendapatkan oksigen," tutup Sonny.

Lain-lagi yang dikatakan oleh Rifat Sungkar, pereli nasional dan juga praktisi berkendara aman dan efisien. Setelan kedinginan AC kendaraan, sebaiknya diatur ke arah yang kita butuhkan.

Tidak perlu diatur sampai pendinginan maksimal, karena itu akan mempengaruhi usia kinerja AC. Paling penting adalah mengatur temperatur secara bijak, bisa membantu pengendara mengemudikan kendaraannya secara efisien.


(UDA)