Tips Knowledge

Plus Minus Pelapis Jok Anti Panas di Musim Hujan

Ahmad Garuda    •    Kamis, 19 Oct 2017 07:29 WIB
tips knowledge
Plus Minus Pelapis Jok Anti Panas di Musim Hujan
Pelapis jok anti panas yang banyak dijual di pasaran, juga punya sisi buruk di musim hujan. Tokopedia

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian dari kalangan bikers, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya jaring pelapis jok yang berfungsi untuk mengurangi panas di jok motor. Memasuki musim penghujan, banyak bikers yang tiba-tiba tak nyaman menggunakan aksesoris tersebut. Apakah memang tak nyaman?

Tentu ada beberapa sisi yang bisa kita lihat. Sisi positif pertama adalah klaim pabrikan aksesoris pelindung jok motor tentang komponen ini justru membantu karena dinilai lebih aman. Artinya dalam kondisi jok yang basah, pengendara rentan lebih licin saat duduk jika pelapis jok tak terpasang.

Sisi positif kedua adalah pengendara bisa langsung duduk tanpa khawatir bokongnya basah kuyup karena jok basah. Ini karena bahan serat fabric tersebut lebih mudah melepas cairan yang tumbah di atasnya. Sehingga cairan tersebut takkan menempel ke tubuh sang pengendara.

Sisi negatifnya adalah jika dibiarkan dalam waktu yang lama, pelapis jok akan membentuk permukaan bekas air yang mengering. Sehingga dari sisi estetika penampilan jok jadi kurang bagus di penampangnya.

Salah seorang pedagang aksesoris pelapis jok di Jl. Musyawarah, Jakarta Barat pun memberikan tips mudahnya. Tentu agar bekas air hujan yang mengering di permukaan jok tak menempel lama.

"Jika motor terus digunakan beraktifitas dalam kondisi musim penghjan, ada baiknya tidak membiarkan pelapis jok menempel terlalu lama tanpa dibersihkan. Ada bagusnya jika sepekan sekali, pelapis jok dibuka dan penampang asli jok dibersihkan. Tujuannya agar noda akibat air hujan yang mengering tak membekas."


(UDA)