Tips Mudik Aman

Pakai City Car Untuk Mudik, Perhatikan Hal Ini

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 13 Jun 2017 07:15 WIB
tips mudik
Pakai <i>City Car</i> Untuk Mudik, Perhatikan Hal Ini
Mudik pakai mobil city car tetap bisa aman dilakukan asal tak terlalu membawa banyak barang. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Momen mudik akan berlangsung tak lama lagi. Mobil-mobil keluarga tentu lebih diandalkan untuk menuju kampung halaman karena daya angkutnya. Tapi bagaimana dengan mereka yang menggunakan mobil jenis city car?

Sebenarnya mobil apa pun bisa digunakan untuk mudik, termasuk city car. Namun karena dimensinya yang lebih kecil dan juga kapasitasnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Utamanya penumpang maksimal lima orang, atau empat saja agar duduk bisa nyaman. Lalu barang bawaan dikemas dengan apik dan ringkas, karena bagasinya tak sebesar hatchback," kata Ady Rusli, salah seorang anggota komunitas Honda Brio.

Mengenai performa mesin, rata-rata city car yang beredar bermesin 1.200 cc maupun 1.300 cc. Ada pula city car jenis low cost green car (LCGC) bermesin 1.000 cc. Dengan kapasitas terisi full, tentu harus memilih medan jalan yang dilewati jangan terlalu ekstrim.

Soal fitur keselamatan untungnya city car tak kalah, terlebih keluaran baru. Fitur keselamatan kantung udara dan rem ABS jadi piranti standar. "Tapi ingat, kapasitas penumpang dan barang berlebih bisa mengancam keselamatan juga. Mobil terlalu berat pun jadi tak nyaman dipakai," sambung Sandy Kurniawan, dari komunitas Daihatsu Ayla.

Perkara harga, untuk harga baru sudah ada yang tembus Rp180 jutaan. Namun untuk unit bekasnya harga bervariasi, mulai dari Rp90 jutaan hingga Rp150 jutaan, tergantung merek dan tahun perakitan.


(UDA)