Tips Merawat Mobil

Pelek Mobil juga Butuh Perlakuan Khusus

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 10 Sep 2017 11:07 WIB
tips mobil
Pelek Mobil juga Butuh Perlakuan Khusus
Jangan mencuci pelek dalam keadaan panas karena bisa bikin berjamur. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelek yang kondisinya selalu bersih membuat tampilan mobil Anda menjadi lebih menarik. Maka dari itu jangan anggap sepele untuk merawat dan menjaga kebersihan pelek, karena kebersihan menjadi salah satu kunci agar pelek tetap awet dan berumur panjang.

"Kalau saya sangat mengutamakan kebersihan mobil. Hal yang biasa saya lakukan dalam membersihkan pelek adalah pertama mencuci pelek terlebih dahulu, bersihkan, lap-lap, setelah itu saya pakaikan compund yang gunanya pastinya untuk membuat lebih mengkilap. Agar enak di pandang mata," ujar Marcell, pemilik bengkel poles Details Auto jakarta, kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu.

Namun nyatanya dalam membersihkan pelek pun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai maksud hati untuk membersihkan, namun nantinya malah merusak kondisi pelek tersebut.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah jangan mencuci pelek dalam kondisi panas. Jika kondisi pelek panas, terutama habis dipakai berkendara, dan terkena siraman air maka dapat mengakibatkan jamur pada pelek. Jadi pastikan pelek dibersihkan dalam kondisi yang sudah dingin.

Ketika membersihkan pelek, sebaiknya membersihkan langit-langit pelek atau bagian dalam fender mobil. Agar saat dicuci nanti, kotoran yang ada di dalam tidak jatuh ke pelek dan membuat pelek kembali kotor.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan lebih lanjut adalah membersihkan sudut-sudut sempit pada pelek dengan kuas atau sikat gigi. Kedua peralatan tersebut bisa ditambahkan dengan cairan khusus pembersih pelek agar lebih maksimal dalam membersihkan. Sedangkan untuk pelek dengan lapisan krom, pastikan berikan obat khusus agar lapisan tersebut tidak mengelupas.

Selamat mencoba!


(UDA)