Tips Knowledge

Ini Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 08 Aug 2017 17:04 WIB
tips knowledge
Ini Penyebab Sepeda Motor Terasa Oleng
Laher roda yang rusak bikin motor terasa oleng. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi biker yang merasakan sepeda motornya terasa oleng ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, karena pastinya akan membuat tunggangan Anda menjadi tidak nyaman. Menurut pemilik bengkel motor Bengbrand, Yosi, jika performa motor tidak stabil atau oleng ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu di bagian pelek, laher roda, dan ban.

"Pelek yang bermasalah atau tidak presisi akan menyebabkan motor terasa oleng. Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan. Pengemudi dan penumpang akan merasakannya," kata Yosi, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Ada cara untuk memastikan pelek dalam kondisi yang baik. Pertama, standar ganda sepeda motor Anda, kemudian putar roda ke depan dan ke belakang. Pelek yang tidak presisi akan terlihat seperti bergelombang. Jika sudah begini, Anda harus menyetel pelek.       

Laher roda juga sering membuat masalah sehingga motor oleng. Jika ban motor tidak kempis dan baut roda sudah kencang tetapi motor masih goyang, dapat dipastikan laher roda sudah aus.

Untuk memastikannya, standar ganda kemudian gerakan ban ke depan dan ke belakang. Laher rusak akan terasa oblak dan goyang serta mengeluarkan bunyi saat digerakkan.

Selain itu, ban yang tidak presisi juga bisa membuat laju motor jadi oleng. Perhatikan apakah ada kerusakan seperti robek atau bolong. Selain itu perhatikan rotasi ban. Ban akan cepat aus jika terbalik dan menjadi kurang nyaman saat dikendarai.


(UDA)