Tips Mobil

Langkah Awal Menghadapi Mobil yang Overheat

Ekawan Raharja    •    Kamis, 16 Nov 2017 07:26 WIB
tips mobil
Langkah Awal Menghadapi Mobil yang <i>Overheat</i>
Mobil yang mengalami overheat tidak bisa diperlakukan sembarangan agar tidak semakin meluas kerusakannya.

Jakarta: Kondisi mobil terlalu panas, overheat, bisa saja dialami oleh siapa saja. Di saat kondisi tersebut, pengemudi mobil wajib tahu bagaimana memperlakukan mobil agar tidak mengalami kerusakaan yang lebih serius dan juga risiko terluka.

Laman resmi Daihatsu memberikan beberapa tips menghadapi mesin mobil yang overheat. Langkah ini wajib dilakukan agar mobil tidak semakin rusak dan demi keselamatan penumpang.

1. Berhenti dan Matikan Mesin
Kondisi overheat bisa dilihat dari jarum temperatur yang ada di panel indikator pengemudi. Jika jarum sudah mencapai garis merah, maka pertanda mesin sudah overheat dan mobil harus berhenti di pinggir jalan.

2. Buka Kap Mesin
Setelah menepi, buka kap mesin untuk menghilangkan panas di dalam ruang mesin. Jangan biarkan ruang mesin panas karena dapat menyebabkan beberapa bagian rusak. Ketika membuka kap mesin juga berhati-hati karena beberapa mobil mendesain tuas pembuka kap mesin dekat dengan radiator.

3. Jangan Buka Tutup Radiator Jika Masih Panas
Jangan pernag membuka tutup radiator ketika mesin masih panas. Jika di buka maka uap dan air bertekanan tunggu bisa saja terlepas serta membuat luka bakar serius. Jika ingin membukanya, tunggu sampai radiator benar-benar dingin.

4. Periksa Tabung Cadangan Air Radiator
Salah satu penyebab radiator tidak bekerja karena bisa saja air di dalamnya habis. Jika demikian terjadi, maka periksa tabung cadangan air radiator. Jika kurang dari batas minimal, maka segera tambahkan sampai batas maksimal.

5. Cari Kebocoran di Sistem Radiator
Jika anda termasuk familiar dengan urusan bongkar mobil, bisa melakukan pemeriksaan di sistem radiator. Di periksa apakah ada kebocoran di blok mesin, kepala silinder di dekat gasket, atau beberapa bagian lainnya.

6. Panggil Bantuan Derek
Setelah kondisi mesin mobil dingin, bisa di cek apakah radiator bisa bekerja lagi dengan baik atau tidak. Jika radiator tidak bekerja, lebih baik menelepon bengkel resmi atau pihak asuransi untuk menderek mobil sampai ke bengkel tujuan. Hal ini untuk memastikan bahwa anda tetap aman selama perjalanan.


(UDA)