Tips Kabin

Ini Alasan Pentingnya Karpet Dasar Tambahan di Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 03 Feb 2017 15:42 WIB
tips mobil
Ini Alasan Pentingnya Karpet Dasar Tambahan di Mobil
Pasang karpet dasar di mobil, sangat membantu. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Karpet dasar mobil berfungsi sebagai peredam bagian dalam kabin. Namun materialnya yang terbuat dari beludru kasar, membuat bahan tersebut sangat gampang terkena kotoran dan sulit untuk dibersihkan, karena sifatnya mudah menyerap air, debut atau kotoran.

Jika terjadi tumpahan air putih saja, bisa menimbulkan bau lembab atau tak sedap di dalam kabin. Bagaimana jadinya kalau yang tumpah adalah susu si kecil atau makanan/minuman cair lainnya? Hal tentu akan membuat baunya lebih sulit untuk dihilangkan, meski itu harus dicuci.

Penanggung jawab Golden Car Auto Salon, Setiawan, menegaskan bahwa karpet dasar mobil punya peran yang cukup penting. Tapi faktanya banyak diabaikan oleh orang-orang. Namun ketika terjadi masalah dengan bau dalam kabin, barulah mereka mulai sadar betapa pentingnya aksesoris yang satu ini.

"Jangan anggap enteng komponen karpet dasar mobil. Kalau debu atau kotoran lain, mungkin masih bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Tapi kalau cairan yang meresap ke dalamnya dan menimbulkan bau? jawabannya cuma satu yaitu dicuci. Artinya karpet dasar yang berbahan beludru tadi harus di cabut dulu dan dipasang lagi. Jadi untuk mencegah di awal, lebih baik mulai pasang tambahan karpet dasar," ujar Setiawan di bengkel kerjanya, di bilangan Pasar Segar Citra 2, Cengkareng, Tangerang.

Pedagang mobil bekas bernama Posma Surya Halilintar, juga mengakui hal itu. Mobil dagangannya yang nota bene mobil bekas, kalau belum pakai karpet dasar Ia sarankan kepada pembeli untuk memasangnya terlebih dahulu.

"Ini fungsional. Bukan sekadar tambah ini dan itu yang hanya memanjakan mata saja. Tapi lebih ke fungsinya untuk menjaga interior kabin mobil Anda. Khusus untuk pengguna mobil baru, saya rasa ini adalah item wajib yang harus dipasang, ketimbang mendandani mobil dengan ban dan pelek lebar," beber Posma.

Karpet dasar mobil yang dimaksud adalah memiliki material yang cukup kaku pada bagian atasnya. Sementara bagian bawahnya bagian yang lembut, sehingga bisa menambah daya kedap kabin sekaligus cairan yang tumpah tak terserap ke bagian dalamnya. Harga karpet dasar mobil saat ini mulai dari Rp300.000, tergantung jenis mobil.


(UDA)