Tips Safety Driving

Waspada Berkendara di Sekitar Truk Pengangkut

   •    Kamis, 08 Sep 2016 15:43 WIB
safety driving
Waspada Berkendara di Sekitar Truk Pengangkut
Berkendara di sekitar truk pengangkut barang, harus ekstra berhati-hati. Trucking info

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya kecelakaan akibat insiden dengan truk pengangkut barang atau cairan, seharusnya jadi pelajaran. Bukan hanya karena kelalaian sopir truk, tapi faktor lain seperti pengendara di sekitarnya. Biasanya pengendara motor/mobil kurang awas pada keberadaan mobil-mobil berdimensi besar seperti itu.

Contoh paling fatal akibat kelalaian para pengendara di sekitar truk ini, kembali terjadi hari ini. Sebuah minibus menghantam truk pengangkut bahan bakar minyak milik Pertamina hingga terbakar. Akibatnya sopir minibus tersebut diduga hangus terbakar karena tak sempat menyelamatkan diri.

"Menjaga jarak berkendara dengan mobil di depan itu sangat penting. Terlebih untuk jenis mobil pengangkut seperti truk trailer peti kemas, truk pengangkut bahan bakar, truk sampah dan lain sebagainya. Karena kemungkinan apapun bisa terjadi, misalnya ada kebocoran pada pembawa bahan bakar, atau ada material yang terjatuh dari muatannya, kita tak pernah tahu," ujar Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar sekaligus instruktur berkendara aman di jalan raya.

Untuk itu, lanjut Rifat, sudah sepantasnya kita memberlakukan manajemen berkendara yang aman. "Jarak paling aman yaitu dengan cara menggunakan hitungan waktu. Bukan berdasarkan jarak. Sehingga jarak akan relatif terbentuk sesuai dengan kecepatan kendaraan di depan dan yang berada di belakang.

Sekarang peraturan yang diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia adalah membatasi pergerakan truk trailer dalam kota. Sehingga tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Tapi wilayah operasional kendaan yang biasa diistilahkan dengan truk transformer ini, justru cukup besar di jalan tol luar kota. Anehnya lagi, perilaku kebanyakan orang saat berkendara ke luar kota, malah cenderung disamakan dengan cara berkendara dalam kota.

Jadi penting untuk menjaga perilaku berkendara saat melakukan perjalanan ke luar kota. Apalagi berada di sekitar truk pengangkut barang-barang yang mudah jatuh atau mudah terbakar dan meledak.


(UDA)