Tips Mobil

Cara Mudah Atasi Embun di Spion Mobil saat Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:12 WIB
tips mobil
Cara Mudah Atasi Embun di Spion Mobil saat Hujan
Shampoo bisa usir embun di spion pada waktu hujan. Carreview

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkendara di musim hujan membutuhkan pandangan yang jelas ke segala arah. Namun ada saja gangguan ringan yang bisa mengganggu pandangan. Biasanya embun muncul di sekitar kaca mobil akibat perbedaan suhu udara, termasuk embun yang muncul di kaca spion.  

Mislam mekanik yang buka praktek bengkel mobil di bilangan Jakarta Timur, membeberkan cara mengatasi masalah tersebut. Yaitu dengan cara mengolesi cairan shampo rambut (tanpa dicampur air), ke seluruh permukaan spion secukupnya, karena kalau kebanyakan malah bisa mengganggu penglihatan.

"Mengoles shampo pada kaca spion tak usah terlalu banyak. Cukup dengan mengoles secara tipis dan terpenting masih terlihat jernih dan tak membuat pandangan jadi terhalang," ujar Mislam.

Menurutnya cairan shampo mengandung unsur kimia dapat menghalau endapan uap air. Karena cairan shampo mengandung unsur kimia dengan PH tertentu, sehingga dapat mencegah pengembunan pada kaca.

Kata Mislam, meski fungsinya bisa menghapus endapan air, namun tidak direkomendasikan untuk menggunakannya pada kaca bagian depan atau samping. Selamat mencoba.


(UDA)