Tips Safety Driving

Setel Posisi Duduk yang Benar saat Berkendara

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 29 Sep 2016 15:17 WIB
safety driving
Setel Posisi Duduk yang Benar saat Berkendara
Penyetelan jok pengemudi dengan benar bikin berkendara jadi lebih nyaman. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Posisi duduk saat mengemudi merupakan salah satu bagian dari kenyamanan berkendara. Artinya semua fitur mobil yang terdapat di dalamnya dan telah didesain sedemikian rupa, dapat digapai dan membuat sang pengemudi nyaman. Contohnya seperti penggunaan reclining seat.

Penyetelan jok pengemudi ini sangat penting dilakukan sebelum berkendara. Tujuannya mendapatkan posisi yang nyaman saat berkendara. Tetapi posisi yang nyaman dirasa masih kurang jika penyetelan jok pengemudi tidak dilakukan dengan benar.

Menurut Boy Falatehansyah, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), penyetelan jok pengemudi yang benar dimulai dari penyetelan bagian bawah, kemudian dilanjutkan menyetel bagian punggung atau sandaran.

“Yang petama harus dilakukan adalah setel jok bagian bawah, dengan ukuran jarak kaki pada saat menginjak pedal. Tidak telalu menekuk dan tidak terlalu lurus,” kata Boy.

“Untuk penyetelan bagian punggung atau sandaran, dilakukan dengan cara merentangkan kedua tangan lurus ke depan ke arah setir di angka 12 sesuai jarum jam, kemudian ukur posisi sandaran dengan pergelangan ruas tangan yang diletakan pada setir tidak lebih dan tidak kurang,” tutupnya.

Penting juga untuk melihat sejauh mana ruang gerak lengan saat memutar kemudi. Ini penting, karena jika posisi berkendara terlalu dekat ke kemudi, maka bakal menyulitkan memutar lingkar kemudi saat dibutuhkan respon cepat. Penting dipertimbangkan, jangan terlalu kaku juga saat mengatakan bahwa posisi punggung harus selalu menempel ke jok. Lantaran saat berkendara sah-sah saja mengangkat sedikit punggung dari jok, jika ingin melihat lebih dalam bagian depan mobil.


(UDA)