Tips Knowledge

Ban Serep, Komponen Wajib Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 19 Oct 2017 17:45 WIB
tips knowledge
Ban Serep, Komponen Wajib Mobil
Ban cadangan/serep harus selalu tersedia di dalam mobil. Car Products Tested/ Alamy Stock

Metrotvnews.com, Jakarta: Pabrikan telah menyediakan ban cadangan sebagai kelengkapan atau fitur mobil yang wajib ada. Karena punya peran penting, komponen ini sebaiknya mendapat perhatian dan diperlakukan dengan baik. Tentunya agar tidak menyusahkan saat ban kempes atau bocor.

Betapa pentingnya, ada aturan tentang kelengkapan mobil yang satu ini. Mengendarai mobil tanpa membawa ban cadangan adalah perbuatan yang melanggar aturan di Indonesia. 

Aturan itu tertuang dalam Pasal 57 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Setiap mobil yang digunakan wajib membawa kelengkapan yang terdiri ban cadangan, dongkrak, kunci pembuka ban, segitiga pengaman, hingga kotak P3K.

Kemudian disambung dengan Pasal 278 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, diatur pula hukuman bagi yang melanggar pasal 57. Jika pengemudi tidak membawa kelengkapan yang disebutkan di atas, maka pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp250 ribu siap menanti.

Agar ban serep selalu dalam kondisi prima Mus Mulyadi, Kepala Bengkel Autopit di bilangan Jakarta Timur berbagi tipsnya. "Selalu bersihkan ban serep. Terutama ban serep yang terletak di kolong/bawah mobil. Dengan begitu, ban sudah siap pakai dan dalam kondisi bersih jika Anda membutuhkannya." 

Ia juga menyarankan agar memeriksa tekanan angin ban serep minimal sebulan sekali. Hal itu bertujuan agar memperpanjang usia ban.Gunakan ukuran tekanan angin yang dianjurkan pabrikan. Angkanya tertera di bagian dalam pintu depan sebelah kanan. Ukuran angin yang dianjurkan pabrikan telah melalui riset dan pengujian. Ban serep yang kurang angin biasanya sering timbul lekukan di bagian dinding,

Untuk diketahui, ban serep yang memiliki ukuran sama harus ikut dirotasi seperti ke empat ban lainnya. Dengan catatan, ban serep yang baru dipakai harus ditempatkan di bagian depan sebelah kanan. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga tingkat keausan ban secara merata. 


(UDA)