Tips Knowledge

Kenali Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 03 Sep 2017 09:19 WIB
tips knowledge
Kenali Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem
Master rem mobil rusak sebabkan rem blong. DoItYourself

Metrotvnews.com, Jakarta: Rem berfungsi untuk mengurangi atau memperlambat serta menghentikan laju mobil. Agar kinerja rem selalu optimal, setidaknya kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab atau problem yang bisa bisa muncul.

"Pertama disebabkan master rem yang sudah rusak karena karet sil bocor. Alhasil minyak rem tidak maksimal menekan piston kaliper," ujar Toha, mekanik yang praktik di bengkel mobil Pitstop di Jakarta Timur, kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu

"Selain itu, bisa disebabkan oleh penggunaan kampas rem dengan kualitas rendah dan yang terlalu banyak kandungan metal. Situasi itu berbahaya untuk cakram atau piringan rem. Pasalnya cakram menjadi lebih cepat terkikis dan bisa bergelombang," tambah Toha.

Agar rem tidak pakem atau blong, Anda disarankan untuk rutin memeriksa kondisi minyak rem. Jika volume berkurang, mungkin karena kampas rem mulai menipis atau terjadi kebocoran cairan di sistem rem.

"Sebaiknya Anda memeriksa kondisi di sekitar tabung minyak rem dan master rem jika berhadapan dengan masalah tersebut. Buka penutup tabung minyak rem lalu lihat volume dan kondisinya," tutup Toha.

Tanda-tanda master rem mulai bermasalah/rusak yakni ketika minyak rem di tabung master rem sering menyusut. Selain itu tanda-tanda terlihat saat pedal rem semakin dalam ketika diinjak.


(UDA)