Tips Mobil

Mengenal Tugas Pelumas di dalam Mesin

Ekawan Raharja    •    Selasa, 01 Aug 2017 16:30 WIB
tips mobil
Mengenal Tugas Pelumas di dalam Mesin
Pelumas memiliki kinerja yang cukup kompleks di dalam mesin. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelumas merupakan salah satu bagian yang penting untuk kinerja mesin. Komponen yang berbentuk cair ini memiliki tugas untuk melindungi mesin dari berbagai hal.

"Pelumas merupakan pahlawan yang tidak terlihat. Dia bekerja di dalam setiap saat agar memastikan semua hal berjalan lancar. Anda berpergian menggunakan mobil dan sepeda motor, dan di situ pelumas bekerja," ujar Vice President Marketing Lubricants PT Shell Indonesia, Mario Viarengo, pada Selasa (1/7/2017) di Oakwood Kuningan Jakarta.

Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki, menjelaskan fungsi utama pelumas mesin kendaraan baik roda empat maupun roda dua untuk memudahkan pergerakan permukaan mesin, mengurangi gesekan dan keausan, serta membantu penghematan energi sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

"Setiap pelumas sekarang standarnya harus bisa memiliki pelapis untuk logam. Sehingga mesin bisa bekerja dengan baik," ucap pria yang akrab disapa Zaki.

Selain itu efek dari pembakaran mesin juga menghasilkan banyak bahan-bahan yang dapat merusak mesin jika tidak dilindungi. Menurut data Shell, setiap kendaraan yang melaju hingga 5.000 kilometer rata-rata membutuhkan 333-700 liter bensin. Hasil pembakaran bensin tersebut menghasilkan jelaga karbon, asam sulfur, kerak di piston, hingga sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar.

"Pelumas juga harus bisa menetralisir zat asam dan membersihkan kerak di piston. Hal ini penting dan bagian dari tugas pelumas," ucapnya di acara Media Workshop Pentingnya Pemilihan Pelumas yang Tepat untuk Pemeliharaan Kendaraan.

Zaki menekan penting untuk melihat dan memilih pelumas sebelum dimasukan ke dalam mesin. Pastikan pelumas yang dipilih sesuai peruntukan, spesifikasi, dan dibeli di tempat yang terpercaya.


(UDA)