Tips Berkendara

Ingat! Kaki Kiri Haram Tekan Pedal Rem di Mobil Matic

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 06 Feb 2017 19:08 WIB
tips knowledge
Ingat! Kaki Kiri Haram Tekan Pedal Rem di Mobil Matic
Jangan menginjak pedal rem menggunakan kaki kiri pada mobil matic. Rosstech

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi setiap pengemudi yang baru belajar mengemudi mobil bertransmisi otomatis, terkadang menginjak pedal rem menggunakan kaki kiri. Padahal di mobil matic, kaki kiri yang biasanya bertugas menekan pedal kopling, benar-benar beristirahat.

Jika Anda salah satunya yang belajar mengemudikan mobil dan menggunakan cara seperti ini, harap mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Lantaran bisa menimbulkan missed feeling dan berbahaya. Selain itu, menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matic karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

Jika yang sudah terbiasa menggunakan mobil transmisi manual, kaki kiri terbiasa menginjak tuas sangat dalam. Nah, jika melakukan hal serupa saat menggunakan mobil matic ditakutkan mobil berhenti secara mendadak sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Menurut Instruktur Safety Institute Indonesia Dhany Ekasaputra, kadar feeling antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman sangat berbeda. Oleh karena itu, ia menganjukan untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian saat mengemudikan mobil matic

"Banyak pengguna matic merupakan peralihan dari mobil transmisi manual. Sehingga kaki kiri lebih terbiasa untuk menginjak pedal kopling," kata Dhany kepada Metrotvnews.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menyesuaikan penempatan kaki sesuai dengan fungsi/tugasnya di pedal-pedal pengoperasian mobil, adalah salah satu cara menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara baik diri sendiri maupun orang lain.


(UDA)