Perawatan Kendaraan

Mengenal Jenis-Jenis Semir Ban

Ekawan Raharja    •    Rabu, 02 May 2018 16:18 WIB
tips mobiltips knowledge
Mengenal Jenis-Jenis Semir Ban
Ada banyak macam semir ban. Chemicalsguys

Jakarta: Tampilan ban yang mengkilap akan menambah penampilan mobil. Cuma sebelum memoles ban mobil, ada baiknya mengenal jenis-jenis bahan semir ban.

Ada beberapa jenis semir ban yang beredar di pasaran mulai dari model cair, spray, hingga wax. Tentu setiap model memiliki kelebihan dan juga kekurangan, seperti dikutip dari Intersport.

Semir Ban Cair
Penggunaan semir ban cair memerlukan bantuan kuas atau spons untuk meratakannya di ban sehingga ban tampak mengkilap. Kandungan dari semir ban cair ini kebanyakan adalah silikon dan jauh lebih mengkilap ketika diaplikasikan ke ban mobil.

Hanya saja efek dari bahan silikon maka semir ban ini terasa lengket dan berminyak. Sayangnya, tipe seperti ini lebih fokus di daya kilap dibandingkan kemampuannya membersihkan karet ban mobil.

Semir Ban Spray
Semir ban yang berbentuk spray ini lebih praktis dibandingkan dengan yang berbentuk cair. Semir ban mobil tipe ini lebih bersifat membersihkan selain juga bisa mengilapkan karena Bahannya masih tetap silikon.

Meskipun sama-sama terbuat dari silikon, namun ada yang berbeda dari beberapa produk yang dipasarkan. Ada yang water-based yang pengenceran silikon tersebut menggunakan bahan berupa air dan ada juga yang solvent-based yang menggunakan pelarut organik untuk mengencerkan serta mencampurkan bahan-bahannya.

Semir ban dengan bahan silikon yang water-based lebih aman bagi ban dibandingkan yang solvent-based. Air tidak akan merusak karakter ban dan menjadikannya getas seperti yang dilakukan oleh pelarut organik.

Semir Ban dari Wax
Semir ban mobil dengan bahan wax lebih maksimal merawat ban mobil dibandingkan silikon. Bahan wax ini mampu menjaga elastisitas karet ban mobil meskipun secara kilapnya tidak lebih mengkilap dibandingkan yang menggunakan bahan silikon.

Penggunaan semir mobil bahan wax ini juga terbilang mudah. Biasanya, semir ban seperti ini hadir satu paket dengan sponsnya. Caranya adalah menuang semir ban mobil ke spons lalu menggosokkan ke ban mobil hingga merata dan bersih.

Selain memberikan perawatan, semir ban mobil ini juga membersihkan ban mobil. Jika salah pilih, malah bisa menjadi masalah untuk ban mobil seperti ban yang menjadi mudah rusak karena tak lagi elastis. Parahnya ban mobil pun bisa menjadi retak-retak. Jadi, pertimbangkan dahulu sebelum membeli semir ban yang sesuai untuk ban mobil kalian.


(UDA)