Tips Mobil

Trik Mengatur Arah Semprotan Air Wiper

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 22 Sep 2016 16:39 WIB
tips mobil
Trik Mengatur Arah Semprotan Air <i>Wiper</i>
Arah semprotan air wiper yang tepat perjelas pandangan saat berkendara. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki musim penghujan, sudah selayaknya pemilik kendaraan memberikan perhatian lebih ke mobil kesayangannya, agar siap tempur di segala kondisi. Utamanya lakukan pengecekan pada bagian komponen yang berhubungan fitur pembersih kaca, yaitu wiper dan pompa washer.

Meski terkesan remeh karena tidak berhubungan dengan mesin, komponen ini berfungsi untuk memperjelas pandangan saat Anda berkendara. Menurut Rangga pemilik salah satu bengkel di Kota Serang, Banten, wiper punya umur pakai enam bulan, dan harus diganti secara berkala agar tidak bikin baret kaca akibat karet yang sudah mengeras.

Namun, yang sering diabaikan oleh pemilik mobil adalah pompa washer wiper atau semprotan air wiper. Komponen ini berguna untuk menyemprotkan air pada kaca depan agar membantu membersihkan kotoran pada kaca mobil. Supaya semprotan air wiper bekerja optimal, perhatikan bagian penampungan air dan alat penyemprotnya.

Yudi pemilik bengkel dan aksesoris mobil di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, membeberkan, untuk mengecek apakan pompa washer masih bekerja dengan baik, caranya mudah. Yaitu dengan menyalakan penyemprot air melalui tuas yang berada di dalam kabin. Apabila motor atau dinamo masih mengeluarkan bunyi, itu artinya pompa washer masih berfungsi.

Tapi tahukah Anda jika menyetel semprotan di kaca depan mobil juga ada triknya, dan bukan hanya asal air menyemprot ke kaca. Pereli Indonesia, Rifat Sungkar yang punya jam terbang hingga ajang reli dunia memberikan tips cara menyetel semprotan air wiper yang benar di mobil.

"Saya berbicara tentang pengalaman saja, baik itu di ajang reli atau saat berkendara di jalan raya. Harusnya titik jatuhnya air wiper di kaca depan mobil, diatur dan disesuaikan dengan kesejajaran pandangan pengendara ke jalanan. Itu baru tepat sesuai dengan refleks yang diinginkan pengendara," beber Rifat di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk menyesuaikan penyemprot air untuk wiper caranya mudah, cukup gunakan jarum/peniti untuk mengarahkannya. Dengan menusukan jarum/peniti ke saluran air di corong bagian luar di kap mobil, sekaligus membersihkan saluran air dari kotoran/kerak yang menyumbat.


(UDA)