Tips Aki

Cegah Terminal Aki Korosi agar Mobil Tidak Mogok

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 27 Sep 2016 11:30 WIB
tips mobil
Cegah Terminal Aki Korosi agar Mobil Tidak Mogok
Cek terminal aki cegah dari korosi biar lebih awet. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Baterai atau aki merupakan komponen penting dan sumber tenaga untuk kebutuhan kelistrikan yang ada di mobil. Jika bermasalah dikhawatirkan merembet ke komponen lain sehingga mesin mobil tidak dapat dinyalakan atau jadi mogok.

Untuk itu penting untuk menjaga aki selalu dalam kondisi prima. Salah satu hal yang sering diabaikan pemilik mobil adalah memeriksa terminal aki, apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.

Manager Bosch, Dedy Ismanto mengatakan, pemasangan terminal aki yang kendur bisa merusak komponen lainnya. Hal ini karena komponen aki tidak bisa berdiri sendiri dan berkaitan dengan alternator untuk mengisi listrik pada aki.

Selain itu, alternator tidak bekerja secara optimal untuk mengisi listrik yang ditampung oleh aki. Akibatnya listrik yang disalurkan ke komponen lainnya tidak optimal bahkan berkurang, terutama untuk menggerakkan dynamo starter.

“Jika sudah begini dapat dipastikan mobil Anda tidak akan kuat di-starter. Karena saat starting, diperlukan arus listrik yang sangat besar dibandingkan pengoperasian komponen lainnya,” jelas Dedy.

Kalau sudah begini, baru akan terasa betapa pentingnya merawat terminal aki agar kondisi kelistrikan tetap lancar. Apalagi tipe aki yang masih menggunakan cairan, biasanya rentan terjadi pengendapan akibat senyawa kimia dengan udara di sekitar aki.

Untuk melakukan pengecekan terminal aki ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus dibawa ke bengkel. Jika terjadi endapan di bagian terminal, ada baiknya dibersihkan dengan cara melepas kabel yang menempel di terminalnya dan menyeka endapan menggunakan lap kering. Kemudian pasang kembali kabel lengkap dengan penutup terminal untuk mencegah terjadinya pengendapan lebih cepat.

Baca berita sebelumnya:
Kenali Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering
Kenali Jenis Aki Mobil, Sebelum 'Meminangnya'


(UDA)