Tips Mudik Aman

Latih Bayi Betah di Car Seat, agar Mudik jadi Nyaman

Ahmad Garuda    •    Kamis, 08 Jun 2017 09:36 WIB
tips mudik
Latih Bayi Betah di <i>Car Seat</i>, agar Mudik jadi Nyaman
Melatih bayi mau duduk tenang di car seat saat perjalanan mudik, tidak mudah dan butuh kesabaran. Dok

Metrotvnews.com, Jakarta: Melakukan perjalanan panjang seperti mudik apalagi membawa keluarga seperti anak-anak dan bayi, harus dilakukan dengan cara ternyaman. Bukan hanya untuk bayi dan anak-anak saja, tapi juga buat orang tuanya agar tidak repot dengan pekerjaan menggendong selama perjalanan.

Pastinya ini jadi tugas tersendiri bagi ibu-ibu yang punya bayi. Mengingat tidak semua bayi ingin atau merasa nyaman duduk atau tidur di car seat. Makanya butuh penyesuaian sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran yang bisa memakan waktu berjam-jam.

"Mudik bersama bayi dan anak-anak kecil itu pekerjaan yang tak mudah. Meski kita sebagai orangtua sudah menyiapkan segala keperluannya, namun jika mereka tak merasa nyaman, ya sama saja tetap merepotkan orangtua. Contoh paling mudah adalah duduk di atas car seat. Tidak semua bayi atau anak-anak mau duduk di sana," klaim Executive Trainer Mothercare, Dewi Nopiyanti di Harum Manis Resto pada Senin (5/6/2017).

Memasang car seat yang benar juga berperan dalam membuat bayi duduk dengan nyaman

Cara gampangnya, seru Dewi, adalah dengan membiasakan atau melatih bayi duduk di car seat sebelum melakukan perjalanan jauh. Bisa dengan cara menggunakan teori setahap demi setahap. Misalnya dilatih dulu duduk di sana ditemani ibunya untuk beberapa lama.

"Kemudian dilatih duduk di sana dengan posisi mobil mulai berjalan untuk jarak pendek seperti ke mall atau ke mana. Ketiga dilatih duduk di car seat itu untuk perjalanan yang jarak sedang. Kalau sudah berhasil, mereka akan lebih terbiasa melakukan perjalanan dengan duduk di kursinya sendiri."

Tapi tetap harus memperhatikan sisi tumbuh kembang anak. Meski diperuntukkan menjaga kenyamanan bayi selama perjalanan, namun bayi atau pun usia anak-anak, sangat tidak direkomendasikan untuk duduk lebih dari 2 jam secara terus-menerus. Ada baiknya mengangkat tubuh sang bayi dan digendong untuk beberapa saat, sebelum dikembalikan ke posisi car seat itu lagi.

"Karena ini akan mempengaruhi proses tumbuh kembang tulangnya. Paling tidak mereka diberikan kesempatan untuk beristirahat sebentar misalnya dengan cara digendong atau sekadar menikmati udara di luar beberapa menit kemudian lanjut lagi."


(UDA)