Tips Knowledge

Efektifitas Fog Lamp saat Musim Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 02 Oct 2017 15:30 WIB
tips knowledge
Efektifitas <i>Fog Lamp</i> saat Musim Hujan
Fog lamp dengan warna cahaya kuning bisa menembus kabut dan asap. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Fog lamp mobil kini sudah menjadi salah satu fitur keselamatan berkendara. Fungsinya memberikan penerangan lebih baik saat malam hari dan kondisi gelap karena kabut atau pun hujan deras.

Namun fog lamp yang banyak dipakai kebanyakan mobil saat ini adalah yang berwarna putih. Meski tidak semenarik warna putih, fog lamp yang memiliki cahaya kuning ternyata punya daya tembus yang lebih baik di banding warna putih.

Fitur yang satu ini pun menjadi sangat penting dalam membantu penerangan dan penglihatan, terutama saat musim hujan.  

Menurut Fahmi yang buka bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, selain sebagai tambahan penerangan lampu utama, fog lamp juga berfungsi sebagai penerangan saat cuaca berkabut.

Dia menambahkan, jika ingin mendapatkan fungsi fog lamp yang baik dan optimal harus menggunakan yang berwarna kuning. Fahmi memberikan solusi gampang untuk mengubah fog lamp berwarna putih menjadi kuning.

Karena cahaya kuning memiliki jarak daya tembus yang lebih baik, dan dapat menembus kabut/asap, jika dibandingkan dengan cahaya putih lampu biasa.

"Caranya mudah, bawa saja ke tukang scotchlite/stiker, lalu pasang fog lamp mobil Anda dengan stiker yang warna kuning transparan. Pengerjaannya tidak sampai 15 menit. Hasilnya silahkan buktikan."

Bagi Anda yang ingin melengkapi mobil dengan fog lamp aftermarket tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan aksesoris tambahan ini di pasaran. Banderol harganya juga cukup variatif, mulai dari Rp250 ribu tergantung dari jenis dan mereknya.


(UDA)