Tips Knowledge

Bukti Survei, Mayoritas Mobil Mogok Akibat Kurang Perawatan

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 27 Aug 2018 08:36 WIB
tips knowledge
Bukti Survei, Mayoritas Mobil Mogok Akibat Kurang Perawatan
Penting melakukan perawatan berkalao mobil Anda agar tidak mogok di jalan. Autoguide

Amerika Serikat: Studi yang dilakukan oleh American Automobile Association (AAA) menunjukkan, bahwa sebagian besar kerusakan kendaraan saat dalam perjalanan dapat dicegah dengan perawatan yang tepat dan secara berkala. 

Dilansir Autoguide, tahun lalu AAA merespons lebih dari 29 juta panggilan yang meminta bantuan karena kendaraannya mogok di jalan. 17 juta di antaranya meminta bantuan karena kegagalan baterai (aki), kempes ban, dan tidak memiliki kunci roda pada kendaraan.

Selain itu lebih dari dua juta kendaraan mengalami masalah pada mesin, dan 600 ribu kendaraan untuk kegagalan transmisi. Lebih 235.000 kendaraan harus derek karena kegagalan sistem rem. 

AAA juga harus menyediakan pengiriman bensin untuk lebih dari setengah juta kendaraan pada tahun lalu, meskipun sebagian besar kendaraan modern telah memasang lampu indikator bahan bakar.

Bahkan menurut hail survey, lebih dari 35 persen orang Amerika melewatkan atau menunda layanan (perbaikan) yang direkomendasikan oleh montir untuk pengecekan berkala.

Untuk mencegah hal tersebut, AAA memberikan beberapa tips agar mobil Anda tidak mengalami mogok saat di jalan, seperti usia pakai baterai (aki) yang bertahan 3-5 lima tahun, dan merekomendasikan kepada pengemudi untuk mengecek aki mobil setahun sekali.

Perusahaan ini juga menemukan bahwa 60 persen orang Amerika tidak memeriksa tekanan ban secara teratur. Memastikan tekanan angin ban Anda benar, dan kondisi ban yang masih layak jalan akan membantu mencegah ban kempes.

Selain itu, mereka menganjurkan membawa dan meletakan kunci roda dekat ban serep (cadangan). Hal ini mereka sarankan karena tahun lalu AAA menangani 21.000 kasus, pengemudi tak bisa mengganti ban karena kunci rodanya tertinggal.


(UDA)