Fakta Power Steering

Ban Tapak Lebar Bisa Perpendek Usia Electronic Power Steering?

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 02 Oct 2018 11:18 WIB
tips knowledge
Ban Tapak Lebar Bisa Perpendek Usia Electronic Power Steering?
Ban tapak lebar bikin electronic power steering cepat rusak. Carmadness

Jakarta: Mempercantik mobil menggunakan pelek dan penampang tapak ban besar ternyata pantang dilakukan. Sebab, Menurut Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, Mus Mulyadi,  cara tersebut bisa memperpendek usia electronic power steering (EPS).  

Menurut Mus, piranti ini bekerja saat diputar. Jadi jika dipaksa berhenti karena tapak ban melebihi beban, sikring pengaman bisa putus.

"Sebaiknya gunakan ban dengan penampang atau tapak tidak terlalu lebar. Sesuaikan dengan kemampuan EPS. Terutama jika model EPS kecil. Usahakan agar tidak kelebihan beban," kata Mus saat ditemui Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Mus menjelaskan, piranti pengganti seperti dinamo, sensor, dan komponen kecil lainnya belum banyak tersedia atau dijual di pasaran. 

Jadi umumnya harus mengganti satu rangkaian ketika terjadi kerusakan. Tidak seperti jenis hydraulic power steering (HPS) yang bisa dibeli terpisah.

Tak heran jika Mus menyarankan untuk menggunakan ban sesuai peruntukan. Selain bisa membuat EPS lebih awet, langkah itu juga memengaruhi berpengaruh terhadap keselamatan berkendara.


(UDA)