TIps Knowledge

5 Langkah Mudah Merawat Mobil agar Awet

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 25 Nov 2017 18:07 WIB
tips knowledge
5 Langkah Mudah Merawat Mobil agar Awet
Merawat mobil dengan benar cara menjaga kondisi mobil lebih awet. MTVN

Jakarta: Perawatan mobil menjadi bagian penting jika ingin membuat mobil Anda menjadi lebih awet dan nyaman saat dikendarai. Setidaknya ada lima langkah yang harus dilakukan. Mau tahu apa saja kelima langkah tersebut?

Berikut ini lima tips dari Marcello, pemilik bengkel poles Details Auto Jakarta, tentang perawatan yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil tetap optimal.

1. Selalu Menjaga Kebersihan Eksterior dan Interior 
Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Cuci mobil dengan sabun khusus untuk mobil. Namun hindari mencuci di bawah terpaan sinar matahari. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari jamur menempel di bodi dan kaca. 

Jangan lupa mencuci bagian kolong spatbor dari debu serta kotoran lain. Diusahakan cuci bagian kolong setelah mobil menerjang hujan. Tujuannya agar terhindar dari bahaya korosi. Lalu, rutin membersihkan interior menggunakan lap halus. Lap bagian dashboard, doortrim, dan seluruh bagian yang terlihat kotor. 

2. Menjaga Kebersihan Mesin 

Bagian mesin terkadang sering dikesampingkan oleh para pemilik. Alasannya mesin dianggap rumit dan penuh oli. Ada satu hal yang perlu dicermati sebelum membersihkan mesin. Sebisa mungkin periksa bagian ang tidak boleh terkena air. Lalu pastikan tidak ada kabel yang terbuka atau terkelupas. Hal ini untuk menghindari korsleting.

3. Mengganti Oli Secara Berkala
Perawatan ini berlaku untuk mobil baru maupun lawas. Mobil yang sering atau jarang dipakai juga mendapat perlakuan sama. Ganti oli sesuai jarak tempuh yang sudah ditentukan. Oli yang sudah terlalu lama biasanya akan mengalami pengendapan. Alhasil bisa membuat performa mobil menjadi tidak prima.

4. Gunakan BBM Sesuai yang direkomendasikan Pabrikan
Gunakan bahan bakar minya (BBM) yang cocok untuk kendaraan. Sebaiknya Anda sesuaikan spesifikasi BBM dengan rasio kompresi mesin kendaraan. Cara paling mudah mengetahuinya adalah dengan melihat brosur kendaraan saat membeli. Di data spesifikasi mesin tertera angka rasio kompresi. Penggunaan BBM yang tidak sesuai akan merusak piston dan membuat tenaga mesin tak maksimal.

5. Perilaku Mengemudi yang baik
Cara merawat mobil tidak hanya dilakukan secara fisik di bagian ekterior, interior dan mesin saja. Menggunakan mobil sewajarnya dengan cara mengemudi yang baik juga membuat kondisi mobil secara keseluruhan menjadi lebih awet. Biasakan berkendara secara halus. Tujuannya untuk menghemat konsumsi bahan bakar dan pemakaian komponen.


(UDA)