Tips Knowledge

Waspadai Efek Buruk Cuci Kolong Mobil Pakai Steam

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 11 Dec 2017 11:54 WIB
tips knowledge
Waspadai Efek Buruk Cuci Kolong Mobil Pakai Steam
Cuci kolong mobil pakai steam jangan terlalu sering karena bisa merusak bagian-bagian tertentu. TeamBHP

Jakarta: Menjaga kebersihan dan penampilan mobil agar selalu kinclong di musim hujan memang perlu perhatian ekstra. Salah satunya dengan cara sering meencuci mobil lebih sering. Namun mencucinya harus benar, dan yang mesti diperhatikan adalah jangan mencuci kolong mobil terlalu sering.

Agnes, pengelola Auto Salon Boutique, menuturkan para pemilik mobil untuk tidak terlalu sering mencuci bagian kolong mobil. Tentu saja bila terlalu sering bisa membuat beberapa bagian menjadi bermasalah.

"Air yang disemprotkan melalui mesin steam itu kan tekanannya sangat besar. Kita tidak tahu bagian apa saja yang berada di kolong mobil, termasuk kabel-kabel dan bagian elektronik lainnya," beber Agnes kepada medcom.id di di bengkelnya yang terletak di Kebon Jeruk. Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, yang dikhawatirkan adalah air yang disemprotkan bisa merusak beberapa bagian tersebut. Wanita berambut pendek tersebut tidak melarang para pemilik kendaraan untuk mencuci kolong mobil. 

"Mencucui bagian kolong mobil memang perlu, namun agar tidak terlalu sering untuk mencuci kolong mobil, mungkin bisa sebulan sekali."

Biasanya yang sering melakukan ini adalah petugas jasa cuci mobil. Lantaran ingin memuaskan konsumen dengan cara membersihkan semua bagian dengan cepat, biasanya mereka asal semprot bagian kolong dengan mesin steam. 

Jadi rasanya perlu untuk memberitahukan, saat mencuci mobil agar menyemprot bagian yang aman untuk di steam saja.


(UDA)