Tips Knowledge

Memilih Lampu LED, Perhatikan Ukuran, Warna dan Sistem

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 04 Aug 2018 12:38 WIB
tips mobiltips knowledge
Memilih Lampu LED, Perhatikan Ukuran, Warna dan Sistem
Memilih lampu LED yang tepat agar sesuai dengan keinginan. medcom.id/Ahmad Garuda

BSD City: Memilih jenis lampu LED (light-emitting diode), tidak boleh sembarangan. Meski dikatakan sebagai lampu yang hemat energi namun punya daya pancar cahaya yang bagus, namun patut diperhatikan ragam hal sebelum menggunakannya di mobil sendiri.

Bersamaan dengan peluncuran produk terbarunya di ajang pameran otomotif nasional yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Autovision memberikan panduan dalam memilih lampu LED untuk mobil.

"Kami merasa tertarik untuk memberikan edukasi tentang pemilihan lampu LED yang sesuai dengan kendaraan. Mengingat banyak juga orang yang membeli lampu berdasarkan gaya tanpa memperhatikan sisi keamanan. Mengingat banyak hal yang akan menjadi efek buruknya jika salah dalam memilih," klaim Direktur CV Sampurna Part Niaga (SPN), Lily Hernawan.

Sekadar informasi sebelum memilih lampu LED yang cocok, patut diketahui bahwa lampu jenis ini bekerja sangat baik dalam kondisi atau temperaturnya kurang dari 70 derajat celcius. Ini juga akan dipengaruhi oleh sistem pendinginan yang digunakan. Sehingga patut memperhatikan hal tersebut sebelum membelinya.

Ukuran
Baik itu ukuran kapasitas daya pancarnya atau juga dimensinya, patut menjadi bahan perhatian. Mengingat jika daya pancarnya lebih dari yang dibutuhkan atau malah membahayakan pengendara lain, maka ini pemasangan ini dinilai tidak tepat.

Warna
Banyak orang yang asal dalam mengaplikasikan paduan warna untuk digunakan di lampu. Jika tujuannya untuk kontes modifikasi, mungkin masih sangat masuk akal, tapi untuk penggunaan di jalan raya, patut memperhatikan keselamatan berkendara. Terutama kesesuaian warna dengan kondisi sekitar. MIsalnya pada kondisi hujan dengan lampu putih, maka itu akan membuat pandangan terganggu.

Sistem Pendinginan
Lampu LED punya beberapa sistem pendinginan. Yaitu pendingin udara, pendingin kipas dan pendingin air. Pendingin kipas banyak digunakan lantaran harganya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan pendingin cairan. Kekurangannya adalah bilah kipas bisa kotor dan bisa membuat pembuangan panas jadi lambat.


(UDA)