Tips Motor

Teknik Pengereman Sepeda Motor di Jalan Basah

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 11 Oct 2016 10:38 WIB
tips motor
Teknik Pengereman Sepeda Motor di Jalan Basah
Perhatikan cara pengereman sepeda motor di jalan basah. Dok.MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi para biker tentu sudah tahu mengenai dasar-dasar berkendara aman, dan meski masih banyak juga yang belum menerapkan cara pengereman yang benar. Yaitu dengan menekan kedua rem dalam waktu bersamaan dan perlahan.

Namun ada yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengereman sepeda motor di waktu hujan dan kondisi jalan basah. Tidak sedikit yang awam tentang cara memanfaatkan sistem yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan yang satu ini.

Nah, dalam kondisi hujan, cara menekan tuas rem juga sangat berpengaruh. Jalan licin, akan membuat ban motor jadi terkunci dan akhirnya selip jika hanya menekan salah satu tuas rem saja. Solusinya tetap menggunakan dua pengereman dengan cara menekan yang tidak menghentak.

"Melakukan pengereman di kondisi jalan yang basah, harus berhati-hati. Tidak bisa langsung dihentak, karena akan membuat ban kehilangan grip ke aspal. Apalagi jika ada pasir di atas aspal. Bisa dipastikan ban akan selip. Memfungsikan dua rem sekaligus adalah hal yang paling tepat," beber Robby selaku instruktur safety riding Yamaha Indonesia beberapa waktu lalu.

Mulai sekarang perhatikan cara pengereman dan sesuaikan dengan kondisi jalan. Selain cara mengerem yang juga harus dijaga, kecepatan juga sangat penting. Jadi jika harus mengerem ekstrim pun, kemungkinan selip sangat kecil.


(UDA)