Tips Knowledge

Debu Salah Satu Penyebab Rem Cakram Motor Kurang Pakem

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 18 Jul 2017 10:22 WIB
tips knowledge
Debu Salah Satu Penyebab Rem Cakram Motor Kurang Pakem
Cek berkala sistem pengereman sepeda motor agar bekerja optimal. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan rem cakram pada sepeda motor memang lebih pakem ketimbang rem tromol. Namun sistem pengereman sepeda motor yang menggunakan cakram bukan berarti bebas dari masalah, terlebih jika tidak dirawat dengan rutin.

Penyakit yang sering muncul akibat rem cakram kurang mendapat perawatan adalah tuas rem menjadi keras dan rem jadi kurang pakem. Biasanya karena memang jarang digunakan atau penggunaan sering melalui daerah dengan tingkat debunya cukup tinggi.

Penyebabnya adalah kotoran atau debu yang menempel akibat piranti yang satu ini memang jarang dibersihkan. Padahal jika komponen yang satu ini mulai mengalami masalah, pengendara juga yang akan kesulitan dibuatnya.

"Solusi rem cakram yang keras atau tidak pakem harus dibersihkan secara keseluruhan, mulai dari kaliper sampai master rem. Cek sil, kalau sudah aus ganti sekalian," terang mekanik bengkel Bengbrand, Yosi, di Bekasi Timur, Selasa (30/8/2016).

Selain kotoran, penyebab lain rem cakram tidak pakem adalah saluran minyak yang tersumbat, akibat minyak rem kotor atau sudah encer karena sudah lama tidak diganti. Atau bahkan sudah tercampur dengan air atau zat lain.

“Kalau komponen rem cakram sudah dibersihkan bersih dan sil kaliper dalam kondisi bagus dijamin rem gak bakal seret. Untuk minyak rem minimal ganti setahun sekali, menjaga saluran minyak tetap bersih dan kinerja rem cakram optimal," bebernya.


(UDA)