Tips Knowledge

Ini Penyebab Fuel Meter Sepeda Motor Naik Turun

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 29 Aug 2017 11:52 WIB
tips knowledge
Ini Penyebab Fuel Meter Sepeda Motor Naik Turun
Penting menjaga amper bensin tetap prima biar tidak mogok di jalan. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Indikator ampere bensin sepeda motor yang bermasalah, seperti naik turun tentu menyulitkan pengendara untuk mengetahui ketersediaan bahan bakar (BBM). Memang tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga piranti yang satu ini agar tetap berfungsi dengan optimal. Lantaran posisinya berada di dalam tangki bahan bakar.

Menurut Yosi, pemilik bengkel Bengbrand di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, salah satu penyebab indikator bensin yang naik turun, karena switch pelampung yang sudah aus atau rusak. Biasanya ini terjadi karena memang usia pakai kendaraan atau bisa juga diakibatkan kualitas bahan bakar yang buruk.

"Selain faktor usia pakai yang sudah terlalu lama, tekanan besin yang dikucurkan saat mengisi bensin di SPBU juga bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan switch yang posisinya berada di dalam tangki bensin," jelas Yosi saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, langkah awal yang harus dilakukan adalah memeriksakan switch pelampung. Jika hanya kotor dan tidak mengalami kerusakan parah, maka cukup dibersihkan dan sedikit perbaikan.

"Kalau kerusakannya sudah parah, dan komponennya sudah jelek maka sebaiknya diganti yang baru, karena kalau diperbaiki hanya bersifat sementara," tutup Yosi.

Penyebab lainnya bisa juga dari jalur kelistrikan yang terhambat, yang mengakibatkan jarum bensin tidak bekerja. Cek jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus.

Apabila semua komponen tadi masih bekerja dengan baik, periksa bagian speedometer. Jika rusak ringan bisa dengan cara diservis terlebuh dahulu, tapi jika sudah rusak parah disarankan ganti dengan yang baru agar masalah tersebut tidak terulang.


(UDA)